Denpasar (ANTARA News) - Perjalanan api obor Asian Games 2018 bakal menyambangi Bali pada 23-25 Juli 2018, dengan dijadwalkan menginap di Istana Tampaksiring, Gianyar, dan Garuda Wisnu Kencana (GWK), Badung.

Api obor Asian Games 2018 dijadwalkan menyeberang dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, dan tiba di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, pada Senin (23/7).

"Selama tiga hari dua malam di Bali, obor akan dikirab di sejumlah lokasi yang sudah ditentukan," kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali Boy Jayawibawa di Denpasar, Jumat.

Sejumlah atraksi kesenian akan menyambut kedatangan obor dari api abadi itu di Jembrana untuk selanjutnya dikirab menuju Pantai Kuta di Kabupaten Badung.

"Rencananya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani akan menyambut kirab obor Asian Games 2018 di Kuta yang menjadi salah satu ikon pariwisata Bali," katanya.

Setelah dari Kuta, obor akan dibawa menuju objek wisata Tanah Lot di Kabupaten Tabanan, kemudian dibawa ke Istana Tampaksiring di Desa Manukaya, Gianyar, untuk diinapkan.

Istana Tampaksiring merupakan istana kepresidenan yang dibangun tahun 1957 atau satu-satunya istana kepresidenan yang dibangun setelah kemerdekaan RI.

Baca juga: Obor Asian Games tiba di Blitar

Baca juga: Masyarakat diminta gunakan transportasi umum selama Asian Games


Setelah diinapkan semalam, rencananya obor hasil perkawinan api abadi India dan Mrapen, Yogyakarta, itu akan dibawa ke Denpasar yakni di Ekowisata Subak Sembung dan di Monumen Perjuangan Rakyat Bali atau Bajra Sandi Renon.

Boy menambahkan nantinya akan ada sejumlah kegiatan dan atraksi budaya yang akan digelar untuk menyemarakkan arak obor, termasuk mengenalkan kepada masyarakat untuk ikut menyukseskan Asian Games 2018.

Setelah dari Bajra Sandi, obor selanjutnya dijadwalkan dibawa ke patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Jimbaran, Kabupaten Badung untuk diinapkan selama semalam.

Pada Rabu (25/7) pagi, obor akan diterbangkan ke Mataram, NTB, melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Kirab Obor Asian Games 2018 akan melalui 64 kota di 18 Provinsi sebelum tiba di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada upacara pembukaan Asian Games pada Sabtu (18/8).

Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 yang digelar di Jakarta dan Palembang yang mempertandingkan 40 cabang dengan 465 nomor pertandingan.

Baca juga: 2.000 petugas bersihkan Sunter sambut Asian Games

Baca juga: LINE luncurkan stiker musik Asian Games 2018

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018