Surabaya raih kota terbaik Yokatta Wonderful Indonesia

Surabaya raih kota terbaik Yokatta Wonderful Indonesia

Arsip Warga menaiki perahu menyusuri Sungai Kalimas yang dipasangi lampion warna-warni di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (29/5/2018). Pemasangan lampion warna-warni tersebut guna mempercantik sungai Kalimas sekaligus memperingati Hari Jadi Kota Surabaya ke-725 yang diperingati pada 31 Mei. (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Jakarta (ANTARA News) - Kota Surabaya, Jawa Timur, meraih anugerah sebagai kota terbaik versi Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018.

"Surabaya dengan ukuran dan pertumbuhan di atas 40 persen," kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Penganugerahan dilaksanakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jumat (20/07) malam.

Surabaya berhasil mengalahkan Kota Denpasar (Bali) di posisi kedua dan Bandung (Jawa Barat) di posisi ketiga dari 34 kabupaten/kota di Indonesia.

Ketua Dewan Juri Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018 Didien Junaedi mengatakan, ada 4 indikator penilaian yang mendasari pemilihan pemenang dengan bobot yang berbeda.

Pertama, kinerja usaha pariwisata, (akomodasi dan makan minum), PDRB dan tenaga kerja, dampak/outcome, serta data statistik BPS dengan bobot 40 persen.

Kedua, Indeks Pariwisata Indonesia yaitu daya saing 30 persen dan ketiga, Indonesia`s Attractiveness Award meliputi dimensi pariwisata 15 persen. Keempat, Penghargaan Internasional dan Nasional (Kementerian/Lembaga) 15 persen.

"Dari indikator penilaian itu, terdapat 134 kabupaten/kota terbaik di bidang pariwisata di Indonesia. Dan dari jumlah tersebut dipilih top-10 kota terbaik, top-10 kabupaten terbaik, dan top-1 dari masing-masing provinsi di Indonesia dengan `best of the best`-nya jatuh ke Provinsi Jawa Timur dengan Kota Surabaya dengan nilai 7,36,? kata Didien.

Menpar Arief mengatakan, keberhasilan suatu daerah menjadi destinasi wisata itu terletak karena unsur 3A (Atraksi, Aksestabilitas dan Amenitas).

Namun yang paling penting adalah komitmen pemerintah daerah untuk mengembangkan pariwisata.

"Yang lebih penting dari 3A adalah CEO commitment atau komitmen kepala daerah. Karena kalau CEOnya tidak komitmen, hal itu tidak akan tercapai. Pariwisata itu paling mudah dan murah, sayang sekali jika rekan-rekan tidak memanfaatkanya,? kata Menpar Arief di depan kepala daerah dari 34 Provinsi dan Kabupaten atau Kota di Indonesia.

Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 merupakan bentuk penghargaan kepada Kabupaten atau Kota yang memiliki komitmen, performansi, inovasi, kreasi dan leadership dalam membangun pariwisata daerah.

Award ini merupakan apresiasi bagi Pemerintah Daerah memiliki peran yang sangat besar untuk mengembangkan pariwisata daerah.

Pada Penganugerahan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018, ditetapkan 10 Kabupaten terbaik, yaitu Kabupaten Badung, Kabupaten Sleman, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Bantul, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Bandung.

Sementara itu untuk 10 Kota terbaik ditempati oleh Kota Surabaya, Kota Denpasar, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Batam, Kota Yogyakarta, Kota Padang, Kota Makassar, Kota Balikpapan, dan Kota Palembang.

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar