Timnas bola basket putri pastikan 12 pemain Asian Games 2018

Timnas bola basket putri pastikan 12 pemain Asian Games 2018

ilustrasi bola basket.(ANTARA /Andika Wahyu)

Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional bola basket putri Indonesia telah memastikan 12 nama untuk Asian Games 2018 yang resmi dibuka pada 18 Agustus 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Kepastian itu diumumkan setelah timnas putri menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan selama tiga pekan. Dari 14 nama yang mengikuti kegiatan itu, dua orang yakni Tiara Aulia Denaya (klub Tanago Friesian Jakarta) dan Helena Tumbelaka (Merpati Bali) dicoret oleh pelatih kepala timnas putri Arif Gunarto.

"Helena dan Tiara sudah diperbolehkan untuk tidak bergabung dalam kegiatan tim sejak Sabtu (21/7). Sementara tim nasional langsung ke Cirebon untuk melanjutkan TC," ujar Arif, dikutip dari laman resmi kompetisi bola basket putri nasional Srikandi Cup di Jakarta, Sabtu.

Adapun ke-12 nama pemain timnas bola basket putri di Asian Games 2018 yaitu Adelaide Wongsohardjo (Bima Sakti Malang), Ivonne Sinatra (Surabaya Fever), Natasha Debby Christaline (Surabaya Fever), Gabriel Sophia (Surabaya Fever), Henny Sutjiono (Surabaya Fever), Kadek Pratita Citta Dewi (Merpati Bali), Vonny Hantoro (GMC Cirebon), Prisillia Karen (Tenaga Baru Pontianak), Nathania Claresta Orville (Surabaya Fever), Clarita Antonio (Surabaya Fever), Dyah Lestari (Sahabat Semarang) dan Christine Aldora Tjundawan (Tanago Friesian Jakarta).
 
Berikutnya, performa ke-12 pemain ini masih akan terus ditempa di Cirebon, Jawa Barat. Pelatih tim masih akan membenahi beberapa sektor yang dianggap masih menjadi titik lemah timnas yaitu fisik, kecepatan dan tembakan.

Namun, intensitas latihan timnas perlahan dikurangi karena Asian Games 2018 hanya berjarak tak lebih satu bulan.

Hal itu dilakukan demi menjaga kondisi fisik agar sebisa mungkin terhindar dari cedera ketika bertanding.

"Tim akan bertolak ke Jakarta pada tanggal 14 Agustus mendatang. Akan tetapi, sebelum itu, kami memiliki agenda untuk latih tanding sekali lagi melawan tim GMC KU-18 Putra di Cirebon," tutur Arif.

Sebagai informasi, di Asian Games 2018, timnas bola basket putri Indonesia akan tergabung dalam Grup X bersama dengan tim Semenanjung Korea, Taiwan, Kazakhstan dan India.

Baca juga: Timnas bola basket putri masih perlu asah serangan

Pewarta: Michael Teguh Adiputra Siahaan
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar