counter

Kemarin, Gempa di Padang hingga KPK OTT Kalapas Sukamiskin

Kemarin, Gempa di Padang hingga KPK OTT Kalapas Sukamiskin

Ilustrasi peta satelit mengenai gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) yang terjadi pukul 02.58.09 WIB berlokasi di 1.77 Lintang Selatan (LS) dan 99.75 Bujur Timur (BT) atau 34 kilometer Timur Laut Mentawai, Sumatera Barat, dengan kedalaman 29 kilometer. (bmkg.go.id/gempabumi)

Jakarta (ANTARA News) - Berikut lima berita pilihan pada Sabtu (21/7), mulai dari gempa di Padang, ganda putra Indonesia Ahsan/Hendra dan ganda campuran Owi/Butet lolos ke final Singapura Terbuka hingga OTT Kalapas Sukamiskin. 

Gempa 5,4 SR kejutkan warga Padang

Padang (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 5,4 Skala Richter (SR) mengejutkan warga Kota Padang, Sumatera Barat, yang sedang terlelap tidur karena getarannya cukup kuat dirasakan pada Sabtu dinihari.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang mencatat gempa terjadi dua kali, yaitu pukul 02.58.07 WIB berlokasi di Mentawai, tepatnya 1,78 Lintang Selatan (LS), 99,72 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 10 kilometer, dan tidak berpotensi tsunami.

Kemudian, gempa kembali terjadi pada pukul 02.58.09 WIB, berkekuatan 5,3 SR berlokasi di 1.77 LS, 99.75 BT atau 34 kilometer Timur Laut Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), dengan kedalaman 29 kilometer.


Ahsan/Hendra, Owi/Butet ke final Singapura Terbuka


Jakarta (ANTARA News) - Ganda putra unggulan kelima Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melaju ke final Singapura Terbuka setelah menundukkan pasangan Indonesia lainnya, Angga Pratama/Rian Agung Saputro.

Pada laga semifinal yang digelar di Singapore Indoor Stadium, Sabtu malam itu, Ahsan/Hendra meraih kemenangan dua gim langsung 21-16, 21-13.

Menurut catatan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), pertemuan tersebut merupakan duel ketiga antar kedua pasangan dengan masing-masing berbagi satu kemenangan pada pertemuan sebelumnya.

Selain Ahsan/Hendra, ganda campuran peringkat satu dunia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga mencapai final Singapura Terbuka setelah menundukkan pasangan Indonesia lainnya Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow 26-24, 21-17.

Keberhasilan pada semifinal di Singapore Indoor Stadium, Sabtu, itu menjadi final kedua beruntun bagi Tontowi/Liliyana setelah sebelumnya mencapai final dan menjuarai Indonesia Terbuka.


KPU mencoret lima bekas koruptor yang jadi bakal caleg DPR

Jakarta (ANTARA News) - Lima bekas narapidana korupsi didaftarkan menjadi bakal calon anggota legislatif DPR RI untuk Pemilu 2019. Komisi Pemilihan Umum RI memastikan kelimanya dicoret dari daftar sementara bakal caleg.

"Berdasarkan dokumen yang disampaikan partai politik, KPU menemukan lima bakal calon anggota legislatif yang pernah terkena tindak pidana korupsi," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum  (KPU) RI Arief Budiman di Jakarta, Sabtu malam.

Namun Arief tidak menyebutkan nama kelima bakal caleg itu dan dari partai mana saja mereka berasal. Dia hanya mengatakan status para bakal caleg mantan narapidana korupsi itu diketahui dari salinan putusan pengadilan yang dilampirkan kelima bakal caleg itu.


KPK OTT Kalapas Sukamiskin

Jakarta (ANTARA News) - KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Sukamiskin Wahid Husen.

"Sabtu pagi ini yang dapat kami konfirmasi terlebih dahulu, benar tadi menjelang tengah malam tim penindakan KPK menjalankan tugasnya di Sukamiskin, Bandung," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di Jakarta, Sabtu.

Menurut Syarif, KPK mendapat informasi dari masyarakat. "Setelah kami cross check dan ada bukti awal, maka sekitar 6 orang diamankan, termasuk pimpinan Lapas dan pihak swasta," tambah Syarif.

Selain mengamankan 6 orang, KPK juga mengamankan uang tunai.


Inneke Koesherawati turut diamankan KPK terkait OTT Kalapas Sukamiskin


Jakarta (ANTARA News) - Artis Inneke Koesherawati, istri terpidana perkara korupsi Fahmi Darmawansyah, turut diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  dalam kegiatan operasi tangkap tangan (OTT) di Lapas Sukamiskin Bandung, Sabtu dini hari.

KPK total mengamankan enam orang dalam OTT tersebut termasuk juga Kalapas Sukamiskin Wahid Husein.

"Kesimpulannya (apakah Inneke jadi tersangka atau tidak) seteleh ekspose," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat dikonformasi melalui pesan singkat di Jakarta, Sabtu.

Sebelumnya, Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan dari enam orang yang diamankan itu terdapat unsur penyelenggara negara di Lapas Sukamiskin, narapidana korupsi, dan keluarga narapidana serta PNS Lapas Sukamiskin.
 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Mengenang satu dekade gempa Sumbar, perkuat mitigasi bencana

Komentar