counter

Info haji

Calon haji Sampang diminta menjaga nama baik bangsa

Calon haji Sampang diminta menjaga nama baik bangsa

Seorang calon jamaah haji mencari koper bawaannya ketika tiba di Embarkasi Asrama Haji Medan, Sumatera Utara, Sabtu (21/7/2018). Calon jamaah haji di imbau agar menyeleksi perlengkapan pribadi yang akan dibawa tentang segala ketentuan mengenai barang bawaan agar ibadah haji nantinya berlangsung nyaman dan lancar. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Tolong jaga nama baik Indonesia di Arab Saudi, karena disana seluruh umat manusia dari berbagai penjuru dunia berkumpul saat menunaikan ibadah haji,"
Sampang (ANTARA News) - Pejabat (Pj) Bupati Sampang, Jawa Timur Jonathan Judianto meminta jamaah calon haji (JCH) asal wilayah itu menjaga nama baik Indonesia saat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Makkah.

"Tolong jaga nama baik Indonesia di Arab Saudi, karena disana seluruh umat manusia dari berbagai penjuru dunia berkumpul saat menunaikan ibadah haji," ujar Jonathan Judianto saat melepas JCH asal Sampang, Madura, Jawa Timur di pendopo pemkab setempat, Sabtu.

Sebanyak 342 calhaj asal Sampang, Madura, Jawa Timur, diberangkat di alun-alun Wijaya Kusuma, Sabtu (21/7) sekitar pukul 13.15 WIB.

Pemberangkatan itu dilepas langsung oleh Pj Bupati Sampang Jonathan Judianto. Ratusan tamu Allah itu diberangkatkan ke Asrama Haji Surabaya.

"Jamaah asal Sampang ini masuk kloter 16 akan diterbangkan dari Bandara Juanda Surabaya menuju Madina Minggu (22/7) sore pukul 16.00 WIB," ujar Jonathan.

Selain meminta agar para calon haji itu menjaga nama baik Indonesia, mantan Kepala Bakorwil IV Pamekasan itu juga berpesan, jamaah tetap menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji dan mengikuti aturan yang berlaku.

Kepada petugas medis, Pj Bupati Sampang ini juga mengingatkan agar optimal dalam menjalankan tugasnya dengan terus melakukan pendampingan pada calon haji yang berisiko tinggi dan calhaj yang telah lanjut usia.

"Semoga menjadi haji mabrur dan pulang ke kempung halaman dengan kondisi selamat dan sehat walafiat," ucap Jonathan.

Sementara itu, Kepala Kemenag Sampang Moh Juhedi mengaku, JCH jumlah tahun ini menurun dibandingkan tahun 2017. Sebab, saat ini jumlah JCH asal Kabupaten Sampang yang menunaikan ibadah haji sebanyak 342 orang. Tahun lalu mencapai 551 orang.

"Jadi, lebih sedikit tahun ini dibanding tahun lalu," katanya, menjelaskan.

Pemberangkatan calon haji asal Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur ini, sempat diwarnai isyak tangis para keluarga.


Baca juga: Puskes haji: Tenang tangani jamaah pingsan
Baca juga: Pengantar calon haji padati kompleks Pemkab Karawang
Baca juga: Mekkah lengang jelang kedatangan jamaah Indonesia

(KR-ZIZ/Y003)

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Jarak pandang di Sampit hanya 10 hingga 20 meter

Komentar