Panasonic ekspansi pabrik baterai koin lithium

Panasonic ekspansi pabrik baterai koin lithium

Panasonic (Antara)

Bekasi, Jawa Barat (Antara/ACN) -- PT. Panasonic Gobel Energy Indonesia (PECGI) melanjutkan perluasan pabrik baterai koin lithium yang ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan fasilitas pabrik keempat di Kawasan Industri Gobel, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Jumat

Perluasan industri ini merupakan langkah strategis PECGI dalam mengantisipasi pesatnya pertumbuhan pasar global, dan ke depan, diharapkan menjadi satu-satunya produsen baterai koin lithium merek Panasonic di dunia.  

Acara peletakan batu pertama pembangunan perluasan pabrik dengan investasi senilai 23 juta dollar AS ini dihadiri Dirjen ILMATE Kemenperin Harjanto mewakili Menteri Perindustrian, Direktur Energi Panasonic Corporation Jepang Tadanobu Kazuo, Utusan Khusus Presiden RI untuk Jepang Rachmat Gobel dan Presdir PECGI Kenichi Kudara.

“Dengan membangun perluasan pabrik ini bisa menempatkan baterai Lithium Panasonic memiliki 30 persen market share di dunia,” ujar Direktur Energi Panasonic Corporation Jepang Tadanobu Kazuo.

Hingga 2017, PECGI telah memproduksi 30 miliar pcs Baterai, yang terdiri dari 20 (dua puluh) miliar pcs baterai kering Manganese  dan 10 (sepuluh) miliar pcs baterai koin Lithium, yang berorientasi ekspor (92% ekspor) dengan tujuan 70 negara, serta menyerap 2.500 tenaga kerja (TKA hanya 29 orang), dengan pabrik menempati lahan seluas 125.000 m2 dan luas bangunan 75.000 m2.

Rachmat Gobel mengatakan, dalam berinvestasi di Indonesia, Panasonic tidak hanya bertindak sebagai pemodal semata untuk meningkatkan FDI (foreign direct investment) dan penyerapan tenaga kerja, namun juga telah melakukan transformasi teknologi dan membangun SDM Indonesia.

"Panasonic-Gobel sebagai pioneer industri elektronika, dimulai dari Pabrik Radio Cawang pada 1954, bantuan teknik pembuatan televisi untuk menyukseskan Asian Games IV/1962, pendirian Joint Venture Company PT. NATIONAL GOBEL pada 1970, hingga berkembang sampai saat ini - tetap konsisten untuk berkontribusi membangun negara melalui industri,” kata Rachmat.

Rachmat menambahkan, terbinanya hubungan kemitraan usaha yang harmonis dan kerjasama baik antara Gobel Group dengan Panasonic Jepang, membuktikan industri dapat berkembang dengan baik dan terjalin dalam waktu yang panjang. Sehingga seiring berjalannya industri, telah terbangun pula sinergi dan keharmonisan yang kuat, hubungan antara karyawan dan pengusaha untuk mencapai tujuan kemakmuran bersama.

Pewarta:
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar