Pasuruan,  (ANTARA News) - Presiden RI, Joko Widodo menyapa anak-anak yang sedang merayakan Hari Anak Nasional 2018 di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur lewat rekaman video yang ditayangkan melalui layar lebar.

"Saya senang melihat anak-anak cerah, ceria dan senang. Pasti senang bertemu dengan teman-teman dari seluruh Indonesia," kata Presiden melalui rekaman video yang ditayangkan pada puncak peringatan Hari Anak Nasional 2018 di Pasuruan, Senin.

Kepada anak-anak, ia berpesan agar jangan lupa belajar, tetapi juga jangan lupa bermain. Kesempatan mengikuti peringatan Hari Anak Nasional 2018 harus dimanfaatkan untuk berkenalan dengan teman-teman baru.

Presiden juga berpesan agar anak-anak tidak lupa berolahraga agar menjadi anak yang sehat, dan bisa melakukan olahraga apapun yang disukai.

"Yang senang bulu tangkis, sepak bola, renang dan olahraga lainnya, silakan dilakukan," ujarnya.

Baca juga: Anak-anak berharap Presiden hadiri puncak HAN 2018 
Baca juga: KPAI: peringatan HAN jangan hanya sekadar seremonial
Baca juga: Peringatan Hari Anak di Pasuruan dikritik karena disisipi promosi rokok


Tidak lupa, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat merayakan Hari Anak Nasional 2018.

Presiden Jokowi sebelumnya dijadwalkan menghadiri puncak peringatan Hari Anak Nasional 2018, tetapi kemudian berhalangan.

Tema peringatan Hari Anak Nasional 2018 adalah "Anak Indonesia, Anak GENIUS (Gesit, Empati, beraNI, Unggul, Sehat)", sikap-sikap yang harus dimiliki anak untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia.

Anak Indonesia idealnya adalah anak yang gesit dalam bertindak dan berpikir; memiliki empati atau keinginan untuk menolong sesama, merasakan apa yang orang lain rasakan dan menghargai perbedaan.

Selain itu, anak Indonesia juga diminta berani dalam bertindak. Karena setiap anak adalah istimewa, maka anak Indonesia harus unggul di bidangnya masing-masing serta sehat.

Puncak peringatan Hari Anak Nasional 2018 dihadiri sekitar 500 orang dewasa dan 3.000 anak mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD), SD sederajat, SMP sederajat, SMA sederajat, anak-anak panti asuhan, perwakilan Forum Anak Nasional dan anak penyandang disabilitas.   

Video Presiden sapa anak Indonesia

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018