Badung, Bali (ANTARA News) - Obor Asian Games 2018 tiba di Pantai Kuta Kabupaten Badung Bali, Senin, setelah diberangkatkan dari Banyuwangi Jawa Timur dan menyebrangi Selat Bali.

Obor yang berangkat dari Gilimanuk melalui jalur Sempidi, Kerobokan, Seminyak, Legian, dan berakhir di Pantai Kuta tersebut diserahkan kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani.

Obor Asian Games tiba di Pantai Kuta pukul ? 16.00 WITA. Puan berlari membawa obor sejauh 200 meter didampingi Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, dan sejumlah tokoh lain, kemudian menyerahkannya kepada aktor Hamish Daud.

Aktor itu kemudian berselancar di Pantai Kuta dengan membawa Obor Asian Games 2018 sebagai promosi pantai matahari tenggelam yang menjadi daya tarik para peselancar.

Prosesi penyerahan Obor Asian Games 2018 dimeriahkan dengan penampilan kesenian tari kecak dan tari sekar jepun. Dalam acara prosesi penerimaan kirab obor tersebut juga terdapat festival layang-layang dan festival kuliner gratis untuk wisatawan.

Selanjutnya perjalanan Obor Asian Games 2018 akan diarak melintasi berbagai kawasan wisata di Bali.

Sejumlah objek wisata yang akan dilintasi oleh Obor Asian Games 2018 antara lain Tanah Lot, menginap di Istana Tampaksiring Gianyar, Ekowisata Subak Sembung, Monumen Perjuangan Bali atau Bajra Sandi Renon, dan Garuda Wisnu Kencana.

Perjalanan Obor Asian Games 2018 akan diteruskan menuju Mataram Nusa Tenggara Barat pada Rabu (25/7) dengan menggunakan pesawat terbang.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018