counter

Penyu Belimbing ditemukan di Pesisir Minahasa Tenggara

Penyu Belimbing ditemukan di Pesisir Minahasa Tenggara

Penyu Belimbing (ANTARA FOTO/Anang Budiono)

Minahasa Tenggara (ANTARA News) - Penyu Belimbing (Demorchelys Coriacea) ditemukan di pesisir pantai Kecamatan Pusomaen Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami memang mendapatkan laporan adanya penyu Belimbing di wilayah Kecamatan Pusomaen. Ini kali pertama ditemukan di pesisir pantai Minahasa Tenggara," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Vecky Monigir di Ratahan, Senin.

Dia menjelaskan penemuan penyu tersebut pertama diketahui oleh warga Desa Minanga Tiga, Kecamatan Pusomaen pada Minggu (22/7) pukul 22.00 Wita, dan diperkirakan sedang bertelur.

"Penyu ini berukuran panjang 2,5 meter dan lebar 1,25 meter, ditemukan oleh warga Desa Minanga Tiga, Kecamatan Pusomaen. Penyu ini naik ke daratan karena diperkirakan akan bertelur," ujarnya.

Lebih lanjut diungkapkan Vecky, setelah dilakukan penanganan penyu tersebut langsung dilepasliarkan pada Senin tadi pada pukul 12.30 Wita oleh Camat Pusomaen Djemi Walukouw yang disaksikan Perwakilan Balai Pelestarian Sumber Data Pesisir dan Laut (BPSPL) Makasar Satker Manado, Dinas Kelautan dan Perikanan Minahasa Tenggara, Pos Pengawasan SDKP Belang, pemerintah Desa Minanga Dua dan Minanga Tiga.

Selain itu, sebelum dilepasliarkan Tim BPSPL memasang microchip ke penyu belimbing, agar bisa mengontrol pergerakan penyu ini.

"Kami berharap dengan adanya temuan penyu seperti di Pusomaen, kami akan melakukan langkah-langkah persiapan dengan sarana yang lebih memadai," ujarnya.

Dia pun berharap jika ada temuan sejenis agar langsung dilaporkan ke pemerintah setempat untuk diteruskan ke DKP Minahasa Tenggara.

Pewarta: Arthur Ignasius Karinda
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar