Kami membantu dengan solusi, bukan uang. Dengan solusi tersebut UKM dapat memiliki laporan yang cukup baik yang nantinya dapat diajukan ke bank sebagai syarat untuk mendapatkan permodalan."
Jakarta (ANTARA News) - Resmi meluncurkan layanan myBusiness Store, Telkomsel berencana menggandeng layanan financial technology atau fintech untuk masuk dalam myBusiness Store.

"Kami sangat terbuka kalau fintech masuk ke store, walaupun nanti akan kami kurasi," ujar Arief Pradetya, Vice President Enterprise Mobile Product Marketing Telkomsel dalam temu media di Jakarta, Senin.

Arief menjelaskan bahwa myBusiness Store mengusung konsep marketplace yang menawarkan berbagai macam solusi untuk bisnis para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam satu tempat.

Layanan ini merupakan lanjutan dari  layanan myBusiness Telkomsel yang telah diluncurkan tahun lalu.

Inti dari layanan myBusiness, menurut Arief, adalah memberikan solusi kepada UKM untuk akses ke pasar dan akses ke permodalan. Untuk akses ke pasar, myBusiness telah bermitra dengan Jarvis untuk menghadirkan Commerce Solution, solusi membuat toko online.

Sementara, untuk akses ke permodalan, myBusiness hanya memiliki POS dan Accounting Solution, solusi untuk memudahkan operasional dan inventaris bisnis, serta penyusunan laporan keuangan.

"Kami membantu dengan solusi, bukan uang. Dengan solusi tersebut UKM dapat memiliki laporan yang cukup baik yang nantinya dapat diajukan ke bank sebagai syarat untuk mendapatkan permodalan," kata Arief.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bagi Telkomsel bermitra dengan layanan fintech untuk menghadirkan solusi permodalan. "Ada pembicaraan untuk menuju ke sana. Tapi, masih bertanya-tanya apakah secara regulasi boleh atau tidak," ujar Arief.

Selain berencana menggandeng fintech, Arief mengatakan bahwa Telkomsel akan menghadirkan solusi untuk manajemen hotel di layanan myBusiness dalam waktu dekat.

"Akan ada dalam beberapa minggu lagi. Solusi untuk hotel bintang tiga ke bawah, termasuk wisma dan losmen," kata dia.

Arief menambahkan bahwa dalam waktu tidak lama lagi layanan myBusiness juga akan menyediakan solusi untuk pengiklanan dalam satu paket untuk berbagai platform mulai dari sms broadcast, mesin pencari Google hingga media sosial Facebook dan Instagram.

Baca juga: Telkomsel hadirkan myBusiness Store untuk solusi bisnis UKM

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018