Jakarta (ANTARA News) - Bagi orang yang tidak memiliki kartu kredit, adanya fasilitas cicilan tanpa kartu kredit menjadi sangat penting. Kredivo, misalnya, perusahaan multifinansial yang menyediakan fasilitas kredit instan online ini tidak membutuhkan kartu kredit dan juga dp sebagai syarat kredit.

Anda cukup mendaftar secara online melalui aplikasi, mengunggah foto KTP, bukti tempat tinggal, bukti penghasilan, dan menyambungkan akun Facebook serta akun e-commerce untuk verifikasi. Dalam waktu kurang dari 1 x 24 jam, Anda sudah bisa mendapat plafon kredit untuk cicil barang di merchant online.

Selain Kredivo, saat ini lembaga multifinansial lain yang sejenis kurang lebih memiliki proses pendaftaran dan pengajuan yang sama.

Meski prosesnya terkesan mudah dan sederhana, sebagai konsumen, Anda tetap perlu cermat dan waspada sebelum memilih fasilitas cicilan tanpa kartu kredit. Tujuannya, supaya data-data Anda tetap terjamin keamanannya dan tidak dirugikan di kemudian hari.

Berikut empat hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengambil cicilan tanpa kartu kredit.

1. Kredibilitas lembaga multifinansial
Baik yang berbasis offline ataupun online seperti Kredivo, lembaga multifinansial haruslah memiliki izin, terdaftar, atau diawasi oleh institusi resmi seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain terdaftar dan diawasi, kredibilitas lembaga multifinansial juga bisa dicek melalui alamat kantor yang jelas dan nyata (apabila offline), adanya situs dan aplikasi resmi yang bisa diakses (apabila berbasis online, utamakan situs berawalan https), punya tim layanan pelanggan yang bisa dihubungi, memiliki jaminan enkripsi data pribadi Anda, serta memiliki ulasan positif dari pelanggan.

2. Platform dan alur kredit yang jelas
Jika basisnya offline, Anda tentunya perlu datang ke kantor lembaga penyedia kredit, mengisi form, membawa berkas, dan lain sebagainya.

Sementara untuk yang basisnya online, platform dan alur kredit biasanya melalui situs atau aplikasi resmi dari lembaga multifinansial. Makin jelas dan mudah dipahami alurnya, maka semakin baik.

Sebelum mendaftar dan mengajukan kredit, biasanya lembaga multifinansial juga menerapkan persyaratan awal bagi calon debitur.

Contohnya, untuk bisa daftar Kredivo, Anda harus berusia minimum 18 tahun ke atas, berpenghasilan minimum Rp3 juta per bulan, serta berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, Denpasar, atau Medan.

Apabila sudah memenuhi syarat, download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, lalu, klik "Apply for Kredivo."

Anda perlu mengikuti instruksi pendaftaran yang ada di aplikasi secara online, lalu submit. Kemudian, Anda tinggal menunggu proses approval dalam waktu kurang dari 1 x 24 jam.

Setelah di-approve dan dapat plafon kredit, Anda bisa langsung kredit barang dengan plafon tersebut di merchant online rekanan Kredivo seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, JD.id, Shopee, Blibli, dan masih banyak lagi yang lainnya.  

3. Tingkat suku bunga
Dalam hal perkreditan, tingkat suku bunga adalah hal paling krusial yang tidak boleh diabaikan. Sebelum memilih lembaga multifinansial untuk cicilan tanpa kartu kredit, Anda perlu mengecek dan meminta detail jenis tingkat suku bunga yang berlaku di lembaga tersebut.

Suku bunga yang berlaku di pasaran umumnya mengacu pada suku bunga yang ditetapkan BI, yaitu sekitar 3 persen hingga 5 persen.

Tingkat suku bunga harus diketahui dan disepakati di awal sebelum menyetujui kredit. Misalnya, dengan Kredivo, suku bunga yang berlaku untuk cicilan online tanpa kartu kredit dengan pilihan tenor 3/6/12 bulan, adalah suku bunga tetap sebesar 2,95 persen per bulan.

Sementara, untuk kredit barang dalam tempo 30 hari, Kredivo tidak membebankan bunga sama sekali alias 0 persen. Sebaiknya, hindari lembaga multifinansial yang memberikan tingkat suku bunga terlampau tinggi melebihi yang dianjurkan BI rate.

4. Denda dan biaya keterlambatan
Denda dan biaya keterlambatan adalah hal yang tidak bisa dihindari dalam dunia perkreditan. Sama dengan tingkat suku bunga, Anda juga perlu waspada dengan besaran denda yang harus Anda bayar apabila telat membayar angsuran.

Dengan Kredivo, apabila telat, Anda akan dikenakan denda sebesar 3 persen yang bisa dibayarkan dalam jangka waktu 30 hari.

Tidak ada yang tahu masa depan, meski sekarang Anda yakin bisa bayar tepat waktu, kemungkinan akan ada hal-hal darurat yang berpotensi mengganggu cashflow Anda.

Jangan sampai belanja cicilan tanpa kartu kredit sebelum mengetahui besaran dendanya jika sampai telat membayar, sebab ini akan merugikan Anda di kemudian hari.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018