Singaraja, Bali (ANTARA News) - Pemkab Buleleng segera membangun patung Proklamator RI, Soekarno, setinggi 8 meter sebagai tindak lanjut dari pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Bung Karno tahap ketiga di Kelurahan/Kecamatan Sukasada, Buleleng, Bali.

Kepala Bidang RTH, Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan Buleleng, Gede Melanderat, di Singaraja, Selasa, mengatakan tahun ini dipastikan proyek pembangunan patung Soekarno itu sudah masuk tahap tender.

"Sejumlah kontraktor sudah melakukan tawar-menawar terhadap proyek pembangunan lanjutan RTH tahap ketiga ini. Khusus pembuatan patung Bung Karno, Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan Buleleng mensyaratkan pematung wajib setor miniatur," katanya.

Saat mendampingi Plt. Kadis Perumahan Pemukiman dan Pertanahan, Nyoman Suratini, ia menjelaskan pembangunan RTH tahap ketiga itu cukup ketat. Selain dilengkapi patung Bung Karno sebagai ikon RTH, juga akan dibangun satu patung Singa Ambara Raja di stage bagian belakang.

"Kontraktor yang nantinya memenangkan tender diharapkan dapat mendatangkan pematung yang benar-benar kompeten, misalnya melampirkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi seorang pematung profesional," katanya.

Menurut dia, patung itu dibuat setinggi 8 meter dan berdiri di atas pedestal (dasar/meja patung) yang sudah dibangun. Pedestal itu memiliki tinggi sekitar 8,5 meter, sehingga secara keseluruhan patung dengan dasarnya itu akan memiliki tinggi hingga 16,5 meter.
 
Walikota Bandung Ridwan Kamil (dua kiri) mengamati patung Presiden Soekarno di halaman Perpustakaan Nasional Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, Rabu (8/3/2017).  (ANTARA FOTO/Irfan Anshori)


"Targetnya, proyek pembangunan RTH tahap ketiga itu tuntas pada bulan Desember 2018 dengan total anggaran keseluruhan Rp5,8 miliar. Khusus untuk biaya pembuatan patung Soekarno berbahan logam itu senilai Rp2,5 miliar," katanya.

Selain pembangunan patung Bung Karno dan patung Singa Ambara Raja, anggaran lainnya juga akan digunakan untuk finishing seperti saluran irigasi dan pembangunan sumber listrik di kawasan patung itu.

Setelah pembangunan tahap ketiga rampung, Melanderat menegaskan bahwa pembangunan RTH Bung Karno masih akan terus dilanjutkan pada tahap berikutnya dan RTH itu benar-benar selesai pada tahap keempat pada tahun 2019.

"Untuk merampungkan seluruh elemennya, Pemkab Buleleng menganggarkan biaya Rp11 miliar yang akan digunakan membangun wantilan dan air mancur menari di bagian belakang RTH seluas dua hektare. Rencana awal, RTH Bung Karno dengan semua fasilitasnya menghabiskan anggaran Rp32 miliar," katanya. 

Pewarta: Made Adnyana dan Naufal Fikri Yusuf
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018