Berlin (ANTARA News) - Volkswagen (VW) mengumumkan bahwa ahli pengembangan mesin yang menjabat kepala pembelian dan pemasok di BMW Group, Markus Duesmann, telah bergabung dengan VW pada Selasa.

Duesmann menjadi nama besar kedua di industri otomotif Jerman yang "menyeberang" dari BMW ke VW setelah Herbert Diess pada Juli 2015. Diess kini menjabat chief executive VW Group pada April tahun ini.

Saat ini VW sedang berupaya bangkit dari skandal emisi sejak 2015. Kendati merek Jerman lainnya antara lain BMW, Mercedes-Benz dan Audi juga berhadapan dengan regulasi emisi yang ketat di Eropa.

"Duesmann, saat ini Dewan Anggota Manajemen untuk Pembelian dan Jaringan Pemasok di BMW AG, akan menempati posisi barunya dengan segera setelah dia menyatakan siap," kata Volkswagen dalam sebuah pernyataan dilansir Reuters, Selasa.

Baca juga: Volkswagen berinvestasi Rp16,7 triliun di India

BMW mengatakan bahwa Duesmann sudah mengabarkan pimpinannya untuk tidak akan memperpanjang kontrak bersama BMW dengan alasan pribadi.

"Sebagai konsekuensinya, Ketua Dewan Pengawas dan Duesmann setuju bahwa Duesmann akan dibebaskan dari tanggung jawab kontrak sebagai Anggota Dewan Manajemen untuk pembelian dan jaringan pemasok dengan segera," demikian pernyataan BMW.

Surat kabar Jerman, Handelsblatt, melaporkan bahwa Volkswagen ingin menempatkan Duesmann sebagai kepala eksekutif Audi menyusul untuk menggantikan Rupert Stadler, demikian Reuters.

Baca juga: Divisi kendaraan komersial Volkswagen ganti nama menjadi Traton
Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018