Manila (ANTARA News) - Pertarungan One Championship bertajuk "ONE: REIGN OF KINGS" yang dihelat di Manila, Filipina, pada 27 Juli 2018, akan menjadi pertarungan terakhir dalam karir petarung seni bela diri campuran asal Jepang Yuki Kondo.

Dalam pertarungan tersebut, Kondo (43) akan menghadapi legenda bela diri campuran Brazil Renzo Gracie (51) di Mall of Asia, Manila, Jumat, dan menjadi salah satu pembuka pertarungan utama di seri ke-13 One Championship tahun 2018 ini.

"Dalam seri kali ini, kami memiliki sesuatu yang spesial untuk para penggemar di Manila, ikon bela diri terkenal di dunia dan legenda Renzo Gracie akan menunjukkan kemampuannya dalam laga perpisahan bagi veteran asal Jepang Yuki Kondo yang menjadi pertarungan untuk terakhir kali dalam karirnya," kata Chairman dan CEO ONE Championship Chatri Sityodtong di Manila, Selasa malam.

Walau bukan pertarungan utama, kata Chatri, pihaknya menerima kehormatan besar dalam mempertemukan kedua petarung veteran tersebut selain karena Kondo yang akan pensiun, ini juga merupakan pertarungan pertama lagi bagi Gracie setelah sekian lama.

"Ini menjadi sebuah kehormatan dan hal istimewa dapat memberi mereka panggung untuk mempertunjukkan kemampuannya sekali lagi dan melakukan apa yang mereka suka di hadapan dunia. Kami siap untuk membuat sejarah sekali lagi di Jumat malam nanti dalam ONE: REIGN OF KINGS," ujarnya.

Bagi Kondo yang sudah malang melintang di dunia tarung bebas dalam dua dekade dan merasakan rentang kelas antara welter hingga terbuka, juga menyatakan sangat merasa terhormat dengan kesempatan bertarung yang sudah direncanakan sejak lama melawan Gracie yang dihormatinya.

"Terimakasih kesempatannya One Championship. Saya sangat menghormati Gracie dengan apa yang dibawanya dalam seni bela diri. Namun saya siap sepenuhnya untuk memenangkan pertarungan ini dan saya benar-benar akan fokus memberikan yang terbaik," kata Kondo yang memiliki rekor 103 pertandingan dengan 60 kemenangan di mana 36 di antaranya dengan waktu yang dihentikan.

Adapun Gracie yang kembali lagi menjalani debutnya di dunia bela diri campuran yang membesarkan namanya, mengungkapkan rasa terimakasihnya pada pihak One Championship dengan memberikan janji akan memberikan yang terbaik bagi pertarungan melawan Kondo nanti.

"Ini terasa tidak nyata bagi saya untuk kembali setelah bertahun-tahun tidak melakukannya dan terimakasih saya untuk One Championship yang mewujudkannya. Kendati sudah lama, tapi saya sudah bersiap dengan waktu yang cukup dan akan membuktikannya besok," kata Gracie.

Ketika ditanya mengenai rencana pensiunnya dari dunia seni bela diri bebas, Gracie mengatakan belum memikirkan hal tersebut kendati saat ini pemegang tingkat enam sabuk hitam Brazilian Jiu Jitsu tersebut berusia di atas setengah abad yang notabene di atas Kondo sendiri sebagai calon lawannya nanti.

"Saya menyaksikan olahraga ini banyak berubah, tapi saya tidak kaget karena setiap hari saya bertarung (di akademi Jiu Jitsu miliknya). Saya belum berencana istirahat, mungkin saya akan istirahat ketika saya sakit, tapi tidak dalam waktu dekat," kata Gracie yang disambut tawa para wartawan.

Dalam One Championship bertajuk "ONE: REIGN OF KINGS" itu sendiri, Petarung seni bela diri campuran asal Indonesia Stefer Rahardian juga akan turut serta dengan menghadapi petarung tuan rumah Rene Catalan di kelas jerami (Strawweight) dan menjadi laga pembuka antara pemegang sabuk juara dunia dua kelas yakni bulu (Featherweight) dan ringan (Lighweight) Martin Nguyen (Australia) menghadapi penantangnya Kevin Belingon dari Filipina.

Selain menyajikan duel Martin Nguyen versus Kevin Belingon dan Rene Catalan kontra Stefer Rahardian, juga akan digelar pertarungan Renzo Gracie (Brazil) versus Yuki Kondo (Jepang) di kelas welter, ada juga pertarungan kelas ringan yang mempertemukan Shanon Wiratchai (Thailand) vs Shinya Aoki (Jepang), Garry Tinon (Amerika Serikat) vs Rahul Raju (India) dan Eduard Folayang (Filipina) vs Aziz Pahridinov (Rusia).

Kelas bantam akan mempertemukan Panicos Yusuf (Siprus) vs Han Zi Hao (China); di kelas catchweight akan mempertemukan Armen Petrosyan (Italia) vs Chris Ngimbi (Kongo), Chamuaktong (Thailand) vs Brown Pinas (Belanda).

Lalu di kelas jerami atau strawweight dan kelas bulu atau featherweight akan mempertemukan Joshua Pacio (Filipina) vs Pongsiri Mitsatit (Thailand) dan Sor Sey (Kamboja) vs Xie Bin (China). (R030).

Baca juga: Petarung Indonesia akan buka One Championship Manila
Baca juga: "Nobita" rebut kembali sabuk juara dunia One Championship
Baca juga: Petarung Bahrain jalani debut manis di Indonesia

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2018