Raja Ampat, Papua Barat (ANTARA News) - Warga Kota Waisai, Raja Ampat, Papua Barat menyambut gembira kedatangan api Asian Games 2018 yang menjadi bagian dari Kirab Obor Asian Games 2018, Kamis sore. 

"Kami masyarakat Raja Ampat merasa bangga obor Asian Games 2018 bisa sampai sini. Ini bersejarah bagi Raja Ampat khususnya di Waisai karena tidak sering Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games," ujar warga Waisai Korinus Sauyai di Waisai, Raja Ampat, Papua Barat, Kamis.

Korinus pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) yang telah memilih Raja Ampat sebagai salah satu dari 54 kabupaten-kota yang disinggahi oleh api obor Asian Games 2018. 

Hal senada dikatakan seorang warga lain, Ratmi. Sebagai warga Waisai, dia menyatakan senang bisa menyaksikan api obor Asian Games singgah ke wilayah tinggalnya. 

Tak lupa, dia juga memberikan dukungan kepada seluruh atlet Indonesia yang akan bertanding di Asian Games 2018. 

"Semoga Indonesia bisa berprestasi baik," tutur Ratmi. 

Masyarakat Waisai, Raja Ampat, Papua Barat, tampak antusias mengikuti acara Kirab Obor Asian Games 2018. 

Ratusan pelajar yabg  berjejer rapi di sisi jalan mengibarkan Bendera Merah Putih sambil mengiringi barisan defile api Asian Games 2018 yang sampai di Waisai dengan menumpangi dari KRI I Gusti Ngurah Rai. 

Api kemudian dibawa ke Pantai Waisai Torang Cinta yang merupakan tujuan wisata di Waisasi oleh para pejabat pemerintah daerah setempat dengan berlari. Salah satu yang terlibat sebagai pembawa obor adalah Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati. 

Api pun tiba di Pantai Waisai Torang Cinta kira-kira pukul 17.20 WIT dan sudah ditunggu oleh ratusan masyarakat Waisai yang membuat pasukan keamanan sibuk mengatur warga agar tidak menghalangi jalur api. 

Begitu tiba di Pantai Waisai Torang Cinta, api obor langsung disambut tarian adat khas Papua Barat bersama bunyi pukulan alat musik tambur. 

Setelah dipamerkan kurang lebih lima menit di hadapan masyarakat, yang diberikan kebebasan untuk memgambil foto, api obor Asian Games 2018 itu dibawa ke Kantor Bupati Raja Ampat untuk diinapkan selama satu malam. 

Selanjutnya, Jumat (27/7), api obor Asian Games 2018 akan dibawa menyeberang ke Kota Sorong dan api kembali dijadwalkan dibawa pawai keliling kota mulai pukul 14.00 WIT.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018