Info haji

Hamil, seorang calhaj dipulangkan ke kampungnya

Hamil, seorang calhaj dipulangkan ke kampungnya

Salah satu ruang perawatan intensif di Rumah Sakit Arafah Timur yang disediakan oleh Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi bagi jamaah haji tahun ini. (ANTARA / Libertina W. Ambari)

 Ternate (ANTARA News) - Seorang calon haji asal Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara telah dipulangkan melalui Bandara Sultan Babullah Ternate, setelah dibatalkan berangkat ke Tanah Suci karena sedang hamil.

 "Calhaj  asal Kabupaten Halmahera Utara atas nama Rita Hamzah Yusuf batal diberangkatkan ke Tanah Suci saat dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis di Embarkasi Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan. Yang bersangkutan dinyatakan hamil," kata Ketua Panitia Haji Malut, Hasbullah di Ternate, Kamis.

Baca juga: Jamaah hamil diingatkan jangan berangkat haji
Baca juga: Daftar tunggu caloh haji Ternate hingga 2020

 Calhaj yang tergabung dalam Kloter 9 itu dijadwalkan berangkat Minggu malam (22/7) melalui Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, namun dinyatakan hamil oleh petugas kesehatan dan panitia harus membatalkannya.

 Sebelum diberangkatkan dari Ternate ke Embarkasi Haji Makassar, Rita Hamzah sebenarnya sudah melakukan pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan layak untuk diberangkatkan ke Makassar bersama dengan rombongan lainnya.

 Pihak keluarga yang sudah menunggu berjam-jam kedatangan yang bersangkutan di Bandara Sultan Babullah Ternate selanjutnya membawanya ke  pelabuhan penyebrangan Kelurahan Kota Baru untuk memulangkannya ke Kota Tobelo Ibu kota Kabupaten Halmahera Utara menggunakan perahu cepat melalui Pelabuhan Sofifi.

 Jamaah calon haji dari Malut sebanyak 1.069 orang telah tiba di Tanah Suci pada Senin (23/7), dan saat ini sedang melakukan ibadah di Masjid Nabawi, Madinah.


 

Pewarta:
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar