Singapura (ANTARA News) - Kiper pengganti Atletico Madrid Antonio Adan menggagalkan tiga penalti sebelum mencetak sepakan penalti penentu kemenangan ketika sang juara Liga Europa itu mengalahkan Arsenal seusai kedua tim bermain imbang 1-1 dalam pertandingan pembukaan International Champions Cup mereka di Singapura, Kamis.

Tim Atletico yang minim pengalaman membuka keunggulan pada babak pertama ketika Luciano Vietto mencetak gol melalui sundulan kepala sebelum Arsenal menyamakan kedudukan setelah turun minum melalui gelandang muda Emile Smith Rowe.

Paris St Germain (PSG) adalah tim lain di turnamen ini dan sang juara Prancis akan menghadapi Arsenal di tempat yang sama pada Sabtu, sebelum menutup ajang ini dengan menghadapi Atletico pada Senin.

Arsenal memilih untuk menurunkan tim yang cukup kuat, yang dihuni rekrutan baru Bernd Leno di posisi kiper dengan menepikan Petr Cech, sedangkan Hector Bellerin, Aaron Ramsey, Alexandre Lacazette, dan Pierre-Emerick Aubameyang tampil sejak awal untuk "The Gunners."

Sementara itu, Atletico tidak diperkuat para pemain yang tampil di fase lanjutan Piala Dunia dan bukan kejutan saat melihat tim Liga Inggris mendominasi penguasaan bola dan wilayah, ketika mereka terlihat memaksimalkan kecepatan mereka di kedua sayap.

Manajer baru Unai Emery juga memberi peran gelandang tengah kepada rekrutan baru Matteo Guendouzi, dan pemain muda Prancis itu tampil penuh percaya diri sejak awal bersama kompatriotnya Lacazette untuk memaksa Jan Oblak melakukan sepasang penyelamatan ketika Arsenal menggebrak untuk mendapatkan gol pembukaan.

"Runner up" Liga Spanyol itu mampu menahan gempuran dan mengincar lawan melalui serangan balik, dan mampu membuka keunggulan pada menit ke-41.

Angel Correa merupakan arsitek gol tersebut ketika ia menggebrak di sayap kanan dan mengirim umpan tarik yang disambar Vietto dengan sundulan mendatar, untuk kemudian melewati Leno sebelum kiper asal Jerman itu dapat bereaksi.

Cech dimasukkan saat turun minum ketika kedua tim mengganti kiper mereka dan Arsenal mampu segera menyamakan kedudukan, ketika pemain 17 tahun Smith Rowe menggebrak dan melepaskan tembakan jarak jauh melewati kiper pengganti Atletico Adan.

Kiper Arsenal segera harus kembali beraksi ketika Guendouzi kehilangan bola di tepi kotak penalti, dan Cech melakukan penyelamatan ganda dari upaya Kevin Gameiro dan Rodri ketika Atletico mencoba kembali meraih keunggulan pada menit ke-60.

Pertandingan ini menjadi berlangsung alot ketika kedua tim mencari gol kemenangan menyusul sejumlah pergantian pemain pada babak kedua, namun tidak satu tim pun mampu mendapatkannay sampai Atletico menang 3-1 pada adu penalti.

Adan mampu menggagalkan eksekusi Henrik Mkhitarayan, Joe Willock, dan Eddie Nketiah sebelum ia menjadi eksekutor untuk membukukan penalti kemenangan.

"Menurut saya kami benar-benar tampil bagus di bawah asuhan manajer baru. Kami menekan dengan baik dan menciptakan banyak peluang namun tidak mampu mengalahkan mereka," kata kapten Arsenal Ramsey pada wawancara pascapertandingan.

(Uu.H-RF/D011)

Pewarta: LKBN Antara
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018