Manila (ANTARA News) - Petarung seni bela diri campuran Indonesia Stefer Rahardian mengincar kemenangan kesepuluh kala menghadapi petarung berpengalaman asal Filipina Rene Catalan di kelas jerami (Strawweight) dalam salah satu pertarungan One Championship bertajuk ONE: REIGN OF KINGS di Manila, Jumat (27/7).

"Hingga saat ini total saya sudah bertarung sebanyak sembilan kali alhamdulillah menang, mudah-mudahan besok jadi yang kesepuluh, doakan saja amin," kata Stefer di gym hotel Nobu Manila, Filipina, Kamis.

Walau telah mengantongi kemenangan sembilan kali secara beruntun, dengan menghadapi lawan yang memiliki pengalaman lebih banyak darinya di pertandingan kesepuluhnya tersebut,  pria berdarah Sulawesi Utara itu mengaku tidak akan mudah memperoleh kemenangan, terlebih dia akan bermain di Filipina yang merupakan "homebase" dari Catalan.

"Akan menjadi tantangan melawan Catalan, terlebih di negaranya sendiri yang pasti memberi dukungan penuh. Apalagi dia merupakan petarung berpengalaman yang tentu memiliki kepintaran yang tinggi, namun saya merasa terhormat bisa bertarung melawan petarung berpengalaman yang sudah saya ikuti sejak sebelum terjun ke One Championship," ujar Stefer.

Kendati menjadi tantangan tersendiri, Stefer mengaku tidak akan menyerah dengan keadaan dan akan berjuang dengan keras dan akan memperbesar peluang yang dimilikinya walau sekecil apapun dengan berbekal persiapan yang dimilikinya.

"Saya sudah melakukan persiapan selama satu bulan penuh untuk pertarungan ini dan saya yakin bisa memiliki kesempatan memenangkan pertarungan walau dengan tantangan yang besar dan bisa mengharumkan nama Indonesia di pentas Mix Martial Arts, tapi tentu saya harus waspadai semua aspek dari pihak lawan sendiri yang penuh pengalaman," ujarnya. 

Stefer menyebutkan setelah pertarungan ONE: REIGN OF KINGS ini sendiri, dia akan menjalani lima hingga enam pertarungan lagi di tahun 2018, dengan peluang menantang juara dunia kelas jerami asal Jepang Yoshitaka Naito seperti yang dikatakan Chairman dan CEO ONE Championship Chatri Sityodtong pada Selasa (24/7) di City of Dream Manila.

"Saya sudah dengar kemungkinan itu, namun saya sendiri belum terburu-buru. Tapi kalaupun dijadwalkan ya sudah saya akan siap dan terus mematangkan sebagai bekal saya menghadapi kesulitan dalam bertarung," tuturnya.

Sebelumnya, Chairman dan CEO ONE Championship Chatri Sityodtong pada Selasa (24/7) di City of Dream Manila mengatakan ada kemungkinan untuk mempertemukan Stefer dengan juara dunia di Jakarta, selepas pertarungan melawan Catalan.

"Saya pikir Stefer tidak dipungkiri merupakan penantang gelar. Jika dia memenangkan pertarungan kesepuluhnya ini, ada kemungkinan kami melaksanakan pertarungan memperebutkan juara yang mungkin akan dilakukan di Jakarta," ucap Catri kala itu.

Duel Stefer Rahardian versus Rene Catalan yang akan digelar di Mall of Asia, Manila, Filipina, Jumat (27/7) malam, akan menjadi salah satu pembuka pertarungan utama ONE Championship bertajuk "ONE: Reign of Kings" antara pemegang gelar dua kelas Martin Nguyen (Australia) melawan Kevin Belingon (Filipina) di kelas bantam.

Selain duel Stefer Rahardian vs Rene Catalan, yang akan menjadi laga pembuka lainnya adalah Renzo Gracie (Brazil) versus Yuki Kondo (Jepang) di kelas welter, ada juga pertarungan kelas ringan yang mempertemukan Shanon Wiratchai (Thailand) vs Shinya Aoki (Jepang), Garry Tinon (Amerika Serikat) vs Rahul Raju (India) dan Eduard Folayang (Filipina) vs Aziz Pahridinov (Rusia).

Kelas bantam akan mempertemukan Panicos Yusuf (Siprus) vs Han Zi Hao (China); di kelas catchweight akan mempertemukan Armen Petrosyan (Italia) vs Chris Ngimbi (Kongo), Chamuaktong (Thailand) vs Brown Pinas (Belanda).

Lalu di kelas jerami atau strawweight dan kelas bulu atau featherweight akan mempertemukan Joshua Pacio (Filipina) vs Pongsiri Mitsatit (Thailand) dan Sor Sey (Kamboja) vs Xie Bin (China).

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018