Kami akan buat `high level ASEAN leaders gathering`, rencananya 11 Oktober 2018,
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Panitia pertemuan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia menyebutkan 10 pemimpin negara ASEAN dijadwalkan akan hadir di sela-sela pertemuan internasional tersebut di Bali pada Oktober 2018.

"Kami akan buat `high level ASEAN leaders gathering`, rencananya 11 Oktober 2018," kata Peter Jacobs, Kepala Satuan Tugas sekaligus Ketua Harian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 ketika ditemui di sela-sela seminar internasional Bank Indonesia terkait "Big Data" di Nusa Dua, Bali, Jumat.

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan kegiatan pendukung atau "side event" pertemuan IMF-Bank Dunia itu namun menjadi utama karena dihadiri kepala negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia tentunya selaku tuan rumah.

Pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia, lanjut dia, akan digelar dalam tiga sesi utama yakni pembukaan rencananya oleh Presiden Joko Widodo, pertemuan Komite IMF yang dihadiri seluruh gubernur bank sentral dan pertemuan Komite Pembangunan yang dihadiri para menteri keuangan.

Di luar agenda tersebut, lanjut dia, akan banyak digelar seminar, lokakarya dan pertemuan pendukung lainnya.

Selain itu, kata Peter, sebanyak 20 kepala negara yang merangkap menteri keuangan atau gubernur bank sentral juga diundang untuk turut hadir dalam pertemuan akbar itu.
 
Peter menjelaskan pertemuan IMF-Bank Dunia 2018 itu dijadwalkan akan dihadiri sekitar 18.000 delegasi dari 189 negara di dunia. Delegasi itu di antaranya kepala negara, menteri keuangan, gubernur bank sentral, pelaku keuangan dan ekonomi, praktisi, akademisi, hingga lembaga swadaya masyarakat.

Baca juga: IMF-Bank Dunia selenggarakan Pertemuan Tahunan 2018 di Indonesia

Baca juga: Pertemuan IMF-World Bank 2018 siapkan 3.000 kegiatan

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2018