Jakarta (ANTARA News) - Unit Pengelola Kawasan Monumen Nasional (Monas) dan Unit Pengelola Jakarta Smart City menggandeng GOWES untuk menyediakan layanan peminjaman sepeda berbasis aplikasi daring di kawasan Monas.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno berharap penyediaan layanan ini mendorong warga menerapkan gaya hidup sehat dan lebih peduli lingkungan dengan ikut ambil bagian dalam aktivitas yang bisa ikut mengurangi emisi gas rumah kaca.

"Banyak yang menyoroti kualitas udara di DKI Jakarta. Dengan gerakan nyata ini, dari privat sektor dan pemerintah menguji-coba. Ini adalah layanan bike sharing, kita ingin masyarakat hidup lebih sehat, terkoneksi dengan transportasi publik, serta perbaikan kualitas udara di Jakarta," katanya di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat.

Ia mengatakan wisatawan mancanegara maupun para atlet, ofisial, pewarta media internasional dan suporter yang menyemarakkan Asian Games XVIII bisa memanfaatkan layanan itu untuk menikmati daerah Ibu Kota.

"Ini tidak akan berhenti di sini. Kita akan coba di beberapa lokasi lainnya. Salah satu yang menarik juga ini ada solar panel-nya dan ini adalah bagian dari smart environment. Kami mengajak masyarakat untuk mencoba ini," katanya.

"Nanti interkoneksinya dengan Transjakarta juga. Itu yang kita harapkan juga dengan LRT dan MRT Jakarta," kata Sandiaga, serta menambahkan bahwa penyediaan layanan berbagi sepeda merupakan bagian dari upaya mewujudkan Jakarta Smart City.

Pengunjung Monas yang ingin menggunakan layanan sewa sepeda itu bisa mengunduh aplikasi Gowes, yang sudah tersedia di Play Store.

Baca juga: Berkeliling Bandung dengan fasilitas "Bandung Bike Sharing"
 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018