Padmamitra Award sebagai upaya pemerintah memberikan apresiasi kepada dunia usaha yang telah berkecimpung dalam penanganan masalah sosial lewat CSR
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Sosial mengajak dunia usaha untuk ikut meramaikan Padmamitra Award 2018 dengan menjadi peserta dalam ajang penghargaan atas kontribusinya menangani masalah sosial lewat tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

"Padmamitra Award sebagai upaya pemerintah memberikan apresiasi kepada dunia usaha yang telah berkecimpung dalam penanganan masalah sosial lewat CSR," kata Direktur Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat (PSPKKM) Kementerian Sosial Bambang Mulyadi di Jakarta, Jumat.

Bambang mengatakan, peran dan kontribusi dunia usaha sangat penting karena pemerintah tidak mungkin bisa sendirian menyelesaikan permasalahan sosial yang ada.

Padmamitra Award adalah penghargaan yang diberikan sebagai apresiasi pemerintah kepada dunia usaha yang telah menyelenggarakan program dan kegiatan CSR bidang Kesejahteraan sosial.

Penghargaan tersebut dibagi dalam tujuh kategori yaitu di bidang penanggulangan kemiskinan, penanggulangan ketelantaran, penanggulangan masalah disabilitas, masalah keterpencilan, penanggulangan masalah ketunaan sosial atau penyimpangan perilaku, masalah korban bencana serta masalah korban tindak kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

Penghargaan yang diberikan dua tahun sekali itu terbuka untuk umum baik BUMN, BUMD, badan usaha swasta maupun korporasi multinasional.

Pendaftaran dimulai pada 1 Agustus hingga 15 Agustus 2018 dilakukan lewat daring dengan mengakses laman www.padmamitra.com. Pemberian penghargaan akan dilakukan pada 3 September 2018.

Ketua Forum CSR Kesejahteraan Sosial Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi mengatakan, penjurian akan dilakukan oleh juri independen terdiri dari unsur Kemensos, Forum CSR, akademisi dan pemerhati masalah sosial.

"Penjurian dimulai awal September dan penilaian juga dilakukan ke lapangan untuk melihat seberapa jauh perkembangannya program CSR mereka," kata Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi.

Tidak menutup kemungkinan perusahaan yang sudah memenangkan Padmamitra Award sebelumnya untuk ikut lagi dalam ajang yang sama tahun ini.

"Perusahaan yang pernah menang dimungkinkan ikut lagi karena mungkin program mereka berkembang terus dan masalah sosial juga banyak," katanya.

Baca juga: Rini: CSR BUMN untuk keberagaman masyarakat Indonesia
 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2018