Sorong, Papua Barat (ANTARA News) - Omzet pedagang makanan eceran di Kota Sorong, Papua Barat, naik kala Kirab Obor Asian Games 2018 digelar di wilayah berjuluk Kota Minyak tersebut, Kamis.

Salah satunya adalah Darmawan Maki, pedagang es pisang ijo khas Makassar di sekitar Kantor Wali Kota Sorong, yang mengaku omzetnya meningkat sekitar 50 persen.

"Biasanya saya mendapatkan Rp300 ribu per-hari. Namun hari ini, saya memperoleh Rp600 ribu," ujar Darwaman ketika ditemui di gerobaknya.

Dia melanjutkan, peningkatan itu tidak lepas dari bertambahnya pembeli yang berasal dari masyarakat yang menyaksikan prosesi kirab obor tersebut.

Selain itu, pelanggannya juga datang dari personel pasukan pengamanan kirab obor yang beristirahat sejenak sambil menikmati dingin dan manisnya es pijang ijo.

"Tadi juga ada wartawan yang singgah. Katanya dia berasal dari Jakarta," tutur Darmawan, pria asal Makassar yang berjualan bersama istrinya Syamsiah.

Pedagang lain, Regis, juga merasakan hal yang sama. Malah, setengah bercanda, dia berharap kirab obor bisa diadakan setiap hari.

"Sampai sore ini saya sudah dapat Rp500 ribu, biasanya Rp300-Rp400 ribu," tutur Regis yang menjual jajanan pentolan atau sejenis cilok (aci dicolok).

Api obor Asian Games 2018 tiba di Sorong pada Jumat (27/7) pukul 10.00 WIT dari Waisai, Raja Ampat, dengan menggunakan KRI I Gusti Ngurah Rai.

Kemudian, pukul 14.00 WIT, Kirab Obor Asian Games 2018 di Kota Sorong dimulai dengan cara dibawa bergantian secara estafet oleh para pejabat pemerintah daerah dan instansi terkait, dimulai dari markas Komando Armada III Kawasan Timur dan berakhir di Kantor Wali Kota Sorong.

Kegiatan ini menjadi spesial karena diikuti pula oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo, selain Wali Kota Sorong Lambert Jitmau.

Adapun acara Kirab Obor di Asian Games 2018 di Sorong, Papua Barat menjadi petualangan terakhir obor Asian Games di Tanah Papua setelah sebelumnya dibawa ke Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Berikutnya, api Asian Games 2018 akan diteruskan oleh Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) ke Tanjung Bira, Makassar, untuk acara kirab obor pada 28-30 Juli 2018. 

Baca juga: Dukungan dan doa masyarakat Sorong mengalir untuk atlet Indonesia
Baca juga: Gubernur : Kirab Obor Asian Games memotivasi atlet Papua Barat
Baca juga: Warga Waisai sambut gembira api Asian Games
Baca juga: Api Asian Games berenang menyelam di Pulau Piaynemo

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2018