Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka pameran lukisan batik dengan tema "Narasi, Mitos dan Legenda Dalam Ekspresi Batik Tamarin" di museum Basoeki Abdullah, Jakarta Selatan, Jumat.

Dalam kesan dan pesan yang dibuat Anies tertulis "Ijinkan dari jari halus, pikiran jernih dan kreativitas tanpa batas, mengalir karya2 elok menguak hikmah mitos - mitos dari tanah tercinta".

"Ini adalah pameran yang digagas oleh ibu - ibu yang berkarya dengan batik menggunakn metode Tamarin. Saya ingin apresiasi atas karya - karya ini," kata Anies.

Di Indonesia banyak dongeng dan mitos yang penuh dengan hikmah. Semua cerita - cerita dongeng dan mitos itu memiliki pesan - pesan untuk menumbuhkan karakter.  Ekspresi seni ini bisa kembali mempopulerkan mitos - mitos yang ada di Indonesia, kata gubernur.

"Karena kemajuan terknologi kita bisa mengakses mitos dari mana saja di seluruh dunia, ini bisa memperkaya khazanah kita khususnya di Indonesia, ada begitu banyak sumber sumber cerita untuk pelajaran bagi anak-anak generasi baru kita," kata Anies.

"Kita ingin galeri seperti ini tetap hidup dengan segudang ekspresi budayanya. Saya turut mengundang seluruh warga Jakarta untuk hadir di sini," kata Anies.

Baca juga: Museum Basoeki Abdullah ingin lipatgandakan pengunjung
Baca juga: Kembalikan kilau cahaya museum
Baca juga: Menarik orang ke museum dengan pemandu hingga cosplay

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2018