Jakarta (ANTARA News) - Mendiang aktris Carrie Fisher akan berpartisipasi dalam Star Wars: Episode IX, besutan sutradara J.J. Abrams. Kehadirannya menggunakan rekaman terakhir sang aktris yang sebelumnya tidak digunakan pihak produksi. 

Kabar ini mencuat seiring adanya konfirmasi bahwa Billy Dee Williams akan kembali kembali berperan sebagai Lando Calrissian dan Mark Hamill sebagai Luke Skywalker. Aktor Anthony Daniels, juga akan kembali memainkan perannya dalam film ini. 

Selain mereka, para aktor pendatang baru termasuk Naomi Ackie dan Richard E. Grant belum pasti mendapatkan peran siapa, sama halnya dengan Daisy Ridley, Adam Driver, John Boyega, Oscar Isaac, Lupita Nyong'o, Domhnall Gleeson, Kelly Marie Tran, Joonas Suotamo, dan Billie Lourd

Ackie, yang menyabet Penghargaan Film Independen Inggris tahun lalu untuk kategori pendatang baru yang paling menjanjikan, meraih popularitas setelah berperan sebagai asisten rumah tangga yang tuna wicara dalam "Lady Macbeth" pada 2016. 

Sementara Grant adalah aktor veteran yang dikenal melalui sejumlah karya seperti Withnail dan I to Gosford Park, Spice World, The Iron Lady, dan Logan.

Lebih dari itu, kejutan sebenarnya adalah dari keputusan tim produksi kembali ke cerita Leia dan menggunakan rekaman untuk mewujudkannya. Rekaman Fisher, yang meninggal pada Desember 2016 setelah menyelesaikan karya The Last Jedi, adalah materi yang belum pernah dirilis dari penampilannya di The Force Awakens 2015.

Baca juga: Pistol Han Solo dilelang Rp7 miliar

Baca juga: Game Star Wars terbaru akan dirilis 2019


Sejak Fisher meninggal, direktur pimpinan Lucasfilm Kathleen Kennedy mengatakan mereka tidak akan menyusun ulang atau menggunakan digitalisasi untuk menjaga karakter. 

Namun, Abrams mengatakan tidak punya cara untuk menutup cerita, tanpa mengembalikan karakternya dengan cara tertentu.

"Kami sangat mencintai Carrie Fisher. Menemukan kesimpulan yang benar-benar memuaskan bagi saga Skywalker tanpa dia kami hindari. Kami tidak akan pernah menggunakan karakter CG. Dengan dukungan dan restu dari putrinya, Billie, kami telah menemukan cara untuk menghormati warisan dan peran Carrie sebagai Leia di Episode IX dengan menggunakan rekaman," papar dia dalam sebuah pertanyaan seperti dilansir EW. 

Di sisi lain, Hamill tidak bisa merahasiakan keinginannya untuk kembali sebagai Luke Skywalker. Dia berharap bisa memainkan kembali peran itu setelah The Last Jedi.

Pengumuman ini juga menegaskan bahwa komposer veteran John Williams, akan kembali untuk Episode IX ini, setelah hanya berkontribusi sebagian kecil musik untuk Solo: A Star Wars Story. 

Pembuatan film Star Wars: Episode IX rencananya dimulai 1 Agustus di Pinewood Studios di luar London dan akan dirilis pada Desember 2019.

Baca juga: Kisah solo dari Han Solo

Baca juga: Serial animasi televisi Star Wars Resistance ditayangkan di saluran Disney

Baca juga: Urutan sempurna nonton Star Wars versi Mark Hamill

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018