Terpopuler kemarin, gerhana bulan terakhir 2018 hingga Jokowi menjamu ketua partai

Terpopuler kemarin, gerhana bulan terakhir 2018 hingga Jokowi menjamu ketua partai

Seseroang melintas di depan gambar bulan dalam fase merah atau "blood moon" saat kegiatan Edukasi Pemantauan Gerhana Bulan dan Planet di Universitas Machung, Malang, Jawa Timur, Jumat (27/7/2018). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah topik pemberitaan menjadi yang terpopuler di Antara News pada Sabtu (28/7), antara lain gerhana bulan terakhir 2018 dan Presiden Joko Widodo menjamu beberapa pimpinan partai politik di Istana Kepresidenan Bogor.

Gerhana bulan terakhir di 2018

Bulan purnama yang biasanya bersinar putih cemerlang tampak meredup, berganti warna menjadi oranye kemerahan. Dan redupnya cahaya sang rembulan tersebut justru tampak luar biasa setelah tertangkap kamera.

Saat Bulan tampak meredup di atas sana Planet Mars yang berada di sisi kiri satelit alami Bumi justru terlihat merah cemerlang. Kepala Bidang Diseminasi LAPAN Emanuel Sungging mengatakan fenomena oposisi Planet Mars berada pada jarak terdekat ke Bumi membuat planet ini tampak seperti bintang kemerahan paling terang di antara bintang-bintang lainnya.

Berdasarkan informasi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) gerhana bulan total (U1) pada Sabtu (28/7), mulai terjadi pada pukul 02.30 WIB. Gerhana bulan total selesai (U3) pada pukul 04.13 WIB.

Jokowi jamu Ketum Perindo, PKPI dan PSI soto daging di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo menjamu pimpinan Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan menu kuliner khas Indonesia, soto daging, dalam santap siang di Istana Kepresidenan Bogor.

Jokowi, lewat media sosial facebook, pada Sabtu siang mengunggah foto ia bersama Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono dan Ketua Umum PSI Grace Natalie dalam jamuan santap siang di Istana Bogor.

Laiknya foto pertemuan Jokowi dengan partai koalisi pendukungnya yang beredar beberapa waktu lalu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu kembali mengenakan atasan kemeja putih lengan panjang, sementara para ketum parpol terlihat memakai kemeja batik maupun lurik.

Empat terdakwa politik uang pilkada diputus bebas

Empat terdakwa politik uang dalam Pemilihan Gubernur Lampung 27 Juni 2018 lalu yang merupakan narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Rajabasa, Bandarlampung akhirnya diputus bebas oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri Kelas IA, Tanjungkarang, Bandarlampung.

Empat terdakwa itu, yakni Apin (33) warga Jalan Tangkuban Perahu, Telukbetung; Suhaimi (36) warga Jalan Cut Nyak Dien, Kaliawi; Mawardi (45) warga Jalan Hayam Wuruk, Tanjungkarang Timur; dan Intan Darmawan (46) warga Kemiling, Bandarlampung.

Majelis hakim yang diketuai Riza Fauzi dalam sidang di PN Tanjungkarang, Jumat (27/7), memutus bebas empat terdakwa lantaran pasal yang didakwa jaksa penuntut umum (JPU) tidak terbukti. "Memutus empat terdakwa dengan putusan bebas," ujar Riza.

Kelaparan melanda suku Mause Ane kembali makan korban

Bencana kelaparan akibat serangan hama babi dan tikus di permukiman suku terasing Mause Ane di pedalaman hutan Seram, Gunung Morkele, Maluku Tengah, kembali memakan korban jiwa membuat jumlah sementara empat orang meninggal dunia sejak awal Juli 2018.

Kepala Dinas Sosial Maluku, Sartono Pinning, mengkonfirmasi hal tersebut berdasar laporan tim terpadu yang dikerahkan ke lokasi sejak 25 Juli 2018.

"Warga meninggal bernama Lusirue (50) pada 26 Juli 2018, menyusul balita Asoka berusia dua bulan, Aiyoma (empat bulan) dan Laupia (60)," ujarnya, Sabtu.

Tips membeli mobil bekas bagi pemula

Membeli mobil bekas menjadi salah satu pilihan bagi kaum muda berusia 18 sampai 30 tahun yang ingin memiliki kendaraan dengan dana yang terbatas.

Namun banyak kalangan muda yang merasa kurang percaya diri bahkan tidak yakin saat bernegosiasi dengan tenaga penjual di diler mobil bekas.

Menurut survei Cars.com, satu dari empat pemuda tidak merasa nyaman saat bernegosiasi mobil bekas sehingga mengajak orang tua atau orang terdekat mereka agar mendampingi saat memilih produk dan menawar harga.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Penjelasan LAPAN tentang fenomena Super Blue Blood Moon 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar