Tokyo (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mempromosikan Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018, di acara pembukaan Festival Indonesia di Hibiya Park, Tokyo, Jepang, Minggu.

"Pada 18 Agustus hingga 2 September nanti, Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Ajang ini diikuti oleh 45 negara di Asia termasuk Jepang. Tentunya Saya sangat mengapresiasi dukungan pemerintah Jepang yang turut menyukseskan Asian Games," kata Puan saat pembukaan acara yang memperingati peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang tersebut.

Ia mengatakan, Jepang turut memberikan dukungan kepada Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Asian Games untuk kedua kalinya, seperti dalam hal teknologi.

"Dengan eratnya hubungan Indonesia dan Jepang, mereka turut memberi dukungan kepada Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games," tambah Puan.
 
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mempromosikan Asian Games 2018 di acara pembukaan Festival Indonesia, di Hibiya Park, Tokyo, Minggu (29/7/2018). (ANTARA News/Monalisa)


Hubungan diplomatik Indonesia-Jepang dimulai sejak  tanggal 20 Januari 1958. Sebagai "mitra strategis", kedua negara selalu memperkuat kerja sama di berbagai bidang, tidak hanya ekonomi dan politik, namun juga sosial dan budaya.

"Ini menjadi momentum strategis kedua negara untuk meningkatkan kerjasama dan maju bersama," ujar Puan.

Pada kesempatan tersebut, Puan memberikan maskot Asian Games 2018 antara lain boneka Bhin Bhin, Atung, dan Kaka secara simbolik kepada Parliamentery Vice Minister Kementrian Luar Negeri Mr. Iwao Horii dan Wakil Ketua Japan Indonesia Association- Mr. Kojiro Shiojiri.

Puan hadir didampingi ibunya, Presiden Republik Indonesia kelima Megawati Soekarno Putri.

Selain itu hadir pula Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Utusan Khusus Presiden untuk Jepang Rachmat Gobel, dan Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Warih Andang Tjahjono.

Baca juga: 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang dirayakan di Hibiya Park Tokyo

Baca juga: Megawati dan Puan hadiri pembukaan Festival Indonesia di Tokyo

Baca juga: Alasan warga Jepang ini mencintai Indonesia

Pewarta: Monalisa
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018