Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat ibukota untuk memperindah kampung-kampung dan wilayah tempat tinggalnya jelang pesta olahraga Asian Games 2018 pada 18 Agustus sampai 2 September.

"Bulan depan (Agustus), Insya Allah Jakarta akan jadi tuan rumah Asian Games, dan menjadi tuan rumah itu artinya sedunia akan menonton kita. Kampung-kampung buat indah," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Minggu.

Ia menerangkan, bulan lalu semua kamera dari berbagai penjuru dunia menyoroti Piala Dunia di Rusia, tetapi pada Agustus, penonton dari berbagai negara akan menyaksikan Asian Games di Jakarta dan Palembang.

"Saat atlet dan tamu asing datang ke tempat kita, mari sapa dan sambut dengan kehangatan. Bila di jalan bertemu dengan wisatawan, official, dan olahragawan sambut mereka, dan berikan mereka kesan positif tentang bangsa Indonesia," terang Anies.

Sambutan yang ramah, Anies menjelaskan, akan menjadi kisah yang diteruskan oleh para tamu asing saat mereka kembali ke negaranya.

"Mereka kelak menceritakan bahwa bangsa Indonesia ramah dan tertib, serta baik. Ini akan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi generasi saat ini, dan generasi mendatang," tambahnya pada Lebaran Betawi ke-11 di Setu Babakan, Minggu.

Saat tiba di Balai Setu, Perkampungan Budaya Betawi sekitar pukul 10.00 WIB, Anies yang didampingi istrinya, Fery Farhati Ganis disambut dengan atraksi palang pintu dari penyelenggara acara.

Atraksi palang pintu merupakan tradisi masyarakat Betawi yang diisi dengan aksi balas pantun dan pertunjukan silat.

Pasca disambut dengan atraksi selama 15 menit, Gubernur Anies beserta rombongan pun memasuki Balai Setu dan disuguhkan ragam pertunjukan mulai dari tarian, hingga pagelaran busana Batik Betawi.

Lebaran Betawi ke-11 diselenggarakan pada 27 sampai 29 Juli, di kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Di samping banyak ornamen kesenian, pengunjung juga dapat menikmati ragam panganan khas Betawi, seperti Es Selendang Mayang, Bir Pletok, Kerak Telor, Toge Goreng, Dodol Betawi, dan Nasi Ulam.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018