counter

Tim Pertamina Prema masuk lima besar F2

Tim Pertamina Prema masuk lima besar F2

Tim Pertamina Prema Theodore Racing menyodok ke posisi lima besar klasemen sementara Formula 2 setelah mengumpulkan 143 poin hingga balapan di Sirkuit Hongaroring, Hongaria, Minggu. (ANTARA/HO/Pertamina Prema Theodore Racing)

Jakarta (ANTARA News) - Tim Pertamina Prema Theodore Racing masuk lima besar klasemen sementara Formula 2 setelah mendapatkan tambahan 29 poin dari dua balapan di Sirkuit Hongororing, Hongaria yang berakhir Minggu.

Berdasarkan data yang dihimpun media dari laman resmi Formula 2 di Jakarta, tim yang diperkuat pebalap Indonesia Sean Gelael dan pebalap asal Belanda, Nyck De Vries ini mengumpulkan 143 poin dari delapan seri yang telah dilalui. Untuk posisi puncak diduduki tim Carlin dengan 265 poin.

Nyck De Vries adalah pebalap yang paling banyak menyumbang poin yaitu 114. Bahkan pebalap asal Belanda itu beberapa memenangi balapan termasuk balapan feature di Sirkuit Hongaroring, Hongaria, Sabtu (28/7). Untuk sisa poinnya disumbang oleh Sean Gelael.

"Setelah memenangi balapan feature, kami bertekad untuk kembali meraih posisi podium. Namun, memulai balapan dari barisan tengah memang tidak mudah,” kata De Vries yang memulai balapan sprint dari posisi kedelapan dalam keterangan resminya.

Sesuai aturan balap Formula 2, posisi start balapan sprint, untuk delapan pebalap terdepan formasinya dibalik dari hasil balapan feature. Balapan sprint berlangsung dalam kondisi yang berbeda dengan balapan feature yaitu cuaca cerah dan temperatur lintasan yang panas. Tantangan semakin kuat karena balapan sprint tidak ada kewajiban bagi pebalap untuk masuk pit stop guna pergantian ban.

De Vries memulai balapan dengan baik. Pebalap asal Belanda ini sempat menyodok ke posisi lima. Namun, memasuki separuh balapan, kondisi ban De Vries sudah mulai tidak prima. De Vries pun gagal mempertahankan posisinya dan bahkan harus kehilangan posisi enam di putaran terakhir setelah disalip pebalap BWT Arden Nurei Fukuzumi di trek lurus jelang garis finis.

Sementara itu, pebalap Indonesia Sean Gelael menyelesaikan balapan di posisi ke-11. Start dari urutan ke-13, penampilannya cukup baik untuk bisa bersaing menembus zona poin delapan besar. Pebalap 21 tahun ini sempat beradu cepat dengan dua pebalap Russian Times Artem Markelov dan Tadasuke Makino serta dua pebalap ART Gran Prix George Russel dan Jack Aitken.

Pebalap Charouz Racing Team Louis Deletraz juga ikut memanaskan persaingan merebut posisi delapan. Sean sempat menempel Markelov di posisi kesembilan, namun Russel dan Deletraz yang menempel di belakan bisa mengambil momen untuk menyodok ke depan. Sean sendiri terus terhalan Markelov yang membalap dengan gaya defensif.

"Balapan yang menarik. Saya sudah berusaha keras untuk bisa mendapatkan poin dengan menembus posisi delapan besar," kata Sean Gelael.

Di akhir balapan, George Russel akhirnya mengamankan posisi delapan untuk mendapatkan satu poin. Russel yang masih memimpin klasemen pebalap cukup beruntung bisa mendapat mendapat satu poin setelah gagal total pada balapan feature.

Posisi pertama balapan sprint diambil pebalap DAMS, Alexander Albon, diikuti pebalap Campos Racing, Luca Ghiottho dan pebalap Carlin, Sergio Sette Camara. Rekan Camara, Lando Norris finis di posisi keempat untuk mengemas delapan poin. Di klasemen pebalap, Russel masih memimpian dengan 171 poin, diikuti Norris dengan koleksi 159 poin. Albon di peringkat tiga, sedangkan Markelov dan De Vries di posisi kempat dengan poin yang sama yaitu 114.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar