Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah DKI Jakarta bekerja sama dengan Kedutaan Besar Maroko menyelenggarakan konser penampilan duo musisi Indonesia-Maroko di Balai Agung, Balaikota Jakarta, Minggu malam.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir menikmati pertunjukan musisi Maroko asal Kota Casablanca Hadj Younes yang berduet dengan dengan salah satu komponis dan pemain piano kenamaan Indonesia Dwiki Dharmawan untuk menyajikan lantunan irama musik kolaboratif namun tetap mempertahankan ciri khas masing-masing.

Anies berharap melalui konser ini dapat terbangun hubungan yang lebih kuat antara Jakarta dan Maroko, utamanya dalam mempromosikan budaya musik masing-masing negara.

“Kami mendapatkan kehormatan di Jakarta menyambut musisi-musisi dari Maroko. Hubungan antara Indonesia dan Maroko itu bukan hanya antarpemerintah tapi juga antarmasyarakat," katanya.

Dalam konser tersebut, Hadj Youness Quintet yang terdiri dari Hadj Younouss Mhamed (instrument Luth), Saidel Azizi Elalaoui (instrument Violin), Limouni Mustapha (instrument electric piano/organ), Yasser Zinep (Singer), Nabil Chakir (instrument Percussion-Contrabass) membawakan sejumlah lagu-lagu Arab.

Indonesia-Maroko menjalin hubungan bilateral sejak tahun 1960. Melalui eratnya hubungan kedua negara/bangsa, pada tahun 1991 persahabatan dan kerja sama kedua kota Jakarta-Casablanca telah terwujud melalui penandatanganan MoU Sister City Jakarta-Casablanca dengan bidang-bidang kerjasama pertukaran tenaga ahli dalam pembangunan kota, perdagangan dan kepariwisataan, kebudayaan dan kesenian, kepemudaan dan olahraga. 

Di antaranya wujud kerja sama kedua kota yang memiliki nilai historis, adalah melalui pemberian nama jalan, baik di Jakarta yaitu Jalan Casablanca) maupun di Maroko Jalan Soekarno/Rue Soukarno.

Baca juga: Maskapai Maroko batalkan 10 penerbangan karena "perselisihan" dengan pilot

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2018