Jakarta (ANTARA News) - Gempa bumi 6,4 SR guncang NTB, Presiden kunjungi Lombok, KPK geledah enam lokasi di Bandarlampung, obor Asian Games diarak keliling Makassar, hingga 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang dirayakan di Hibiya Park Tokyo, menjadi berita kemarin yang layak baca.

1. Gempa bumi 6,4 SR guncang NTB
Mataram (ANTARA News) - Gempa bumi berkekuatan 6,4 pada Skala Richter (SR) mengguncang Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu, pukul 06.47 Wita, namun tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisis sementara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan pusat gempa bumi tersebut pada koordinat 8,26 lintas selatan, dan 116,55 Bujur Timur.

"Lokasi gempa terjadi di regional Sumbawa pada kedalaman 10 KM," kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto, sambil mengimbau warga untuk berada di luar rumah.

Baca beritanya di sini.

Baca juga: 203 gempa susulan terjadi di Lombok Timur

2. Presiden Kunjungi Lombok
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, Sumbawa, NTB, Minggu.

Berikut berita foto.

Baca juga berita: Presiden Jokowi ratas bahas gempa Lombok

3. KPK geledah enam lokasi di Bandarlampung
Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah enam lokasi di Kota Bandarlampung terkait penyidikan kasus suap proyek infrastruktur di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lampung Selatan Tahun Anggaran 2018.

Dalam kasus itu, KPK telah menetapkan empat tersangka antara lain Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan (ZH), anggota DPRD Provinsi Lampung Agus Bhakti Nugroho (ABN), Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lampung Selatan Anjar Asmara (AA), dan Gilang Ramadhan (GR) dari pihak swasta atau CV 9 Naga.

"Setelah kemarin dilakukan penggeledahan di lima lokasi, hari ini tim penyidik KPK meneruskan proses penggeledahan di enam lokasi di Bandar Lampung," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Minggu.

Berita lengkapnya di sini.

4. Obor Asian Games diarak keliling Makassar
Makassar, Sulsel  (ANTARA News) - Obor Asian Games tiba di Makassar dan diarak keliling ibukota Sulawesi Selatan tersebut pada Minggu.

Setelah singgah satu malam di Tanjung Bira, sekitar empat jam perjalanan darat dari Makassar, obor Asian Games dibawa oleh tim kirab menuju Kota Makasssar lewat darat.

Setibanya di Kota Makassar, tepatnya di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar acara penyambutan dilakukan dan kemudian berlayar dengan kapal Dewaruci menuju dermaga Lantamal 6.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang dirayakan di Hibiya Park Tokyo
Tokyo (ANTARA News) - Hubungan diplomatik Indonesia-Jepang yang sudah berlangsung selama 60 tahun dirayakan di Hibiya Park, Tokyo, Minggu pagi dalam perhelatan Festival Indonesia 2018.

Peringatan hubungan bilateral kedua negara yang dimulai sejak tanggal 20 Januari 1958 itu berlangsung sejak Sabtu (28/7) namun baru dibuka pada hari ini karena tertunda badai taifun yang terjadi kemarin.

"60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang berkembang sangat baik dan kami berharap hubungan selanjutnya bertambah erat, menghasilkan kerja sama yang lebih baik dan keuntungan bagi Indonesia," kata Duta Besar Indonesia untuk Jepang Arifin Tasrif saat acara pembukaan.

Selengkapnya di sini.

Baca juga: Festival Indonesia di Tokyo, Kemenpar promosi "Hot Deals"

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018