Frankfurt (ANTARA News) – Sparkassen, salah satu jaringan bank besar mililk pemerintah di Jerman, merencanakan aplikasi pembayaran mobile yang bisa menjadi pesaing Google Pay.

Pelanggan akan dipermudah melakukan pembayaran secara nontunai melalui aplikasi tersebut, dan baru tersedia untuk perangkat Android, belum ada informasi untuk di iOS.

Aplikasi dari Sparkassen ini muncul hanya berselang setelah Google Pay hadir di negara yang masih didominasi uang tunai tersebut, seperti diberitakan AFP.

Sparkassen memiliki jaringan lebih dari 15.000 cabang tersebar di seluruh Jerman dengan jumlah pelanggan berkisar di angka 50 juta.

Google Pay menggandeng sejumlah bank swasta di Jerman agar pengguna mereka bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk pembayaran nontunai, Mitra terbesar mereka adalah Commerzbank.

Seiringnya masuknya pembayaran nontunai ke Jerman, seorang editor industri dari media Mobilbranche.de, Florian Treiss brependapat Sparkassen harus mampu menjangkau lebih banyak pelanggan dibandingkan kompetitornya.

“Butuh waktu untuk melakukan progres karena warga Jerman biasanya skeptis dengan metode baru pembayaran,” kata Treiss.

Baca juga: Google Play jangkau 170 bank di AS

 

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018