Dompu (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Tanju yang berada di Desa Tanju, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Senin.

Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi beserta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono dan Gubernur NTB Zainul Majdi tiba di lokasi pada pukul 11.00 WITA.

Presiden langsung mendapat penjelasan mengenai luas bendungan seluas 387 hektare tersebut dan selanjutnya memberikan pengarahan dan langsung meresmikannya.

"Dengan bendungan kita harapkan komoditas pertanian di Dompu bisa naik cepat. Dengan mengucap bismillahnirrahim saya resmikan Bendungan Tanju di Dompu NTB," kata Presiden di lokasi Bendungan Tanju.

Selanjutnya Presiden didampingi Menteri PUPR dan Gubernur NTB memencet sirena tanda diresmikan bendungan yang dibangun menghabiskan anggaran Rp124 miliar ini.
 
Waduk yang memiliki daya tampung 18 juta meter kubik ini akan mengairi lahan pertanian seluas 2.250 hektare lahan. 

Presiden berharap dengan adanya bendungan ini, masyarakat bisa menanam setahun tiga kali dari sebelumnya hanya sekali
.
Bendungan Tanju terletak di Desa Tanju, Kecamatan Manggalewa, Kabupaten Dompu, Propinsi NTB ini mulai dibangun pada 2015 dengan merelokasi 400 Kepala Keluarga.

Masyarakat yang direlokasi mendapat penggantian rumah, tanah, pekarangan dan pemukiman baru.
Bendungan ini selain berfungsi untuk pengairan, juga untuk air bersih, konsevasi dan perikanan.
 
Bendungan Tanju (Joko Susilo)

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018