Ridwan Kamil petakan konsep pariwisata Jabar selatan

Ridwan Kamil petakan konsep pariwisata Jabar selatan

Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Ini diharapkan ada kemajuan di sektor wisata dari sebelumnya. Kami konsepkan
Bandung (ANTARA News) - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memetakan konsep pariwisata di Jawa Barat bagian selatan sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayah Priangan tersebut.

"Ini diharapkan ada kemajuan di sektor wisata dari sebelumnya. Kami konsepkan," kata pria yang akrab disapa Emil ini di Bandung, Senin.

Gubernur Jabar terpilih periode 2018-2023 itu mengatakan, wilayah Jawa Barat bagian selatan memiliki keunggulan dalam sektor pariwisata, terutama wisata alam. Sepanjang jalur selatan mulai dari Sukabumi (Ciletuh) hingga Pangandaran menyajikan berbagai keindahan alam.

Emil menceritakan saat menyusuri wilayah Garut selatan bersama Bikers dari Brotherhood 1% Motorcycle Club, ia meninjau beragam potensi wisata yang bisa terus dikembangkan seperti Puncak Guha dan Pantai Rancabuaya.

Menurut dia, meninjau lokasi di Jawa Barat yang luas dengan berbagai kondisi jalan, sangat cocok dilakukan menggunakan sepeda motor.

"Kelebihan meninjau dengan sepeda motor ini itu kita bisa lihat secara langsung, kadang kalau pakai mobil suka ada yang tidak terlihat (potensi wisata) saat dilalui," kata dia.

Setelah menjelajahi Garut selatan, ia memiliki gagasan untuk memberdayakan keberadaan para anggota Bikers Brotherhood. Emil ingin agar para bikers berpartisipasi untuk menyediakan jasa tur menggunakan motor tua ataupun jenis motor lainnya yang bergaya klasik.

"Saya mengusulkan mereka berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi pariwisata. Jadi seperti di luar negeri ada turis-turis pikniknya naik motor jadulan," katanya.

Baca juga: Ditemukan 147 pantai wisata baru di Jawa Barat selatan
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Gubernur Jabar luncurkan West Java Calender of Event and Festival 2020

Komentar