London (ANTARA News) - Duta Reggea Indonesia, Ras Muhamad, berbagi panggung dengan putra legendaris reggea dunia Bob Marley, Julian Marley, dalam acara Festival Reggae akbar tahunan yang diselenggarakan oleh LB27, Reggea Camp yang digelar di kota Cegled, Hungaria, pada akhlr pekan.

Manajer internasional Muhamad, Iyung, Selasa, mengatakan, meskipun di tengah derai hujan, Muhamad mengandeng penyanyi reggae Jerman memiliki darah keturunan Indonesia, Marco Alexander, untuk berkolaborasi tampil memukau pengunjung Festival Reggae Hongaria.

Festival Reggae akbar tahunan dimeriahkan Julian Marley, putra mendiang legenda Reggae Bob Marley, dan juga beberapa artis Jamaica seperti Teacha Dee dan Perfect Giddimani dan juga artis lokal Hongaria seperti PASO dan Copy Con turut serta meramaikan panggung Festival.

Menurut Iyung, penampilan Ras Muhamad yang selalu ditunggu-tunggu dalam Reggea Camp adalah untuk ketiga kalinya berturut-turut yang diundang khusus oleh panitia penyelenggara Festival untuk menjadi bintang tamu Reggaecamp. Meski saat Ras naik panggung, buliran hujan menemani, namun penonton tidak surut dan tetap setia merapat ke panggung.

"Mereka seolah menganggap bahwa hujan merupakan berkah karena siangnya cuaca sangat panas terik tak berangin," ujar Iyung.

Melengkapi aksi panggungnya yang dinamis dan renyah, secara khusus Duta Reggae mengundang empat artis reggae Hongaria ke atas panggung, di antaranya Copy Con, G Ras, Leggo man, Bottah Rankin berkolaborasi.

Muhamad sukses membakar aksi panggung yang mempesona dan menimbulkan sambutan yang gempita. Pada hari yang sama di tenda Rastage Reggaecamp, Kedutaan Besar Indonesia di Budapest juga menampilkan beberapa nomor tarian tradisional Indonesia dan menyuguhkan hidangan Indomie goreng kepada pengunjung Festival.

Dimasukkannya Artis Reggae Indonesia dalambarisan artis reggae menunjukkan Indonesia semakin diperhitungkan di Festival musik bertaraf internasional, demikian Iyung menambahkan

tampilnya Ras Muhamad merupakan parameter suksesnya misi dan upaya promosi Indonesia dibidang kebudayaan sekaligus menjadi dukungan bagi karya putra bangsa yang terus berlanjut.

Sementara itu Toke, mengakui camp Reggae memiliki energi yang sangah besar, camp kecil yang akhirnya tumbuh menjadi Festival Reggae yang padat. "Sangat menyenangkan bisa bertemu artis / musisi dari berbagai negara, seperti Julian Marley," Alexander.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018