Jakarta (ANTARA News) - Berikut ini berita kemarin yang layak baca hari ini, di antaranya tentang evakuasi pendaki Rinjani pasca-gempa besar dan pertemuan Susilo Bambang Yudhoyono dengan Prabowo.

Selain itu berita tentang Presiden mengunjungi korban gempa Lombok dan Puan mengundang pemimpin Korut menghadiri pembukaan Asian Games, juga menjadi berita pilihan ANTARA News untuk Anda.

Selengkapnya:

1. Ratusan pendaki dan "porter guide" berhasil dievakuasi
Sembalun, (ANTARA News) - Ratusan pendaki dan porter guide yang terkena dampak bencana gempa bumi pada Minggu (29/7) pagi, di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat, berhasil dievakuasi oleh tim penyelamat.

"Mereka yang terjebak di dalam kawasan sudah berhasil ditemukan tim dan sudah ada yang turun dan sampai di bawah (Desa Bawak Enao). Ada juga yang saat ini masih dalam proses evakuasi," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Mohammad Faozal yang ditemui di Sembalun, Senin.

Baca beritanya di sini.

2. Presiden kunjungi korban gempa Lombok
Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur NTB TGB Zainul Majdi membagikan buku kepada anak-anak korban gempa di Desa Madayin, Kecamatan Sambelia, Selong, Lombok Timur, NTB, Senin (30/7/2018).
Presiden Jokowi mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan untuk perbaikan Rp 50 juta per rumah korban gempa yang mengalami kerusakan.

Berita foto di sini.

Baca juga: Presiden resmikan Bendungan Tanju Dompu NTB

3. SBY disajikan Kopi 08 di kediaman Prabowo
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono datang di kediaman Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Senin, pukul 10.00 WIB, dan langsung menikmati Kopi 08 yang disajikan tuan rumah.

Dalam foto yang beredar, Prabowo dan SBY berada dalam satu ruangan saling duduk berhadapan berbincang sambil menikmati secangkir kopi. SBY mengenakan batik berwarna biru dan Prabowo menggunakan batik berwarna coklat.

SBY tiba di kediaman Prabowo sekitar pukul 10.00 WIB, Prabowo yang memakai batik cokelat telah menunggu kedatangan SBY. Prabowo langsung mengajak SBY menyapa para awak media dan keduanya melambaikan tangan serta memberi salam.

"Apa kabar semua?" kata SBY di kediaman Prabowo, Senin.

Berita lengkapnya di sini.

Baca juga: Gerindra-Demokrat sepakat berkoalisi di Pilpres 2019

4. KPK panggil bupati terpilih Bandung Barat AA Umbara
Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil AA Umbara Sutisna, yang baru terpilih menjadi bupati Bandung Barat 2018-2023, dalam penyidikan kasus penyuapan kepada bupati periode 2013-2018 Abubakar.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati di Jakarta, Senin, mengatakan AA Umbara dijadwalkan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Abubakar.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Puan undang pemimpin Korut hadiri pembukaan Asian Games
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani selaku Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia mengundang pemimpin Korea untuk menghadiri pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta.

Dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin, Menko Puan melakukan "courtesy call" dengan pemerintah Republik Demokratik Rakyat Korea (RDRK) di Pyongyang dalam rangka penyampaian secara langsung undangan dari Presiden RI kepada Pemimpin RDRK untuk menghadiri Upacara Pembukaan Asian Games 2018.

"Indonesia sangat mengapresiasi dukungan pemerintah dan rakyat Republik Demokratik Rakyat Korea yang telah diberikan selama ini untuk kelangsungan Asian Games 2018. Kami mengharapkan Pimpinan RDRK berkenan berkunjung ke Indonesia untuk menghadiri upacara pembukaan Asian Games di Jakarta," kata Menko PMK Puan diterima oleh Presiden Presidium Majelis Rakyat Agung RDRK H.E. Kim Yong Nam.

Selengkapnya di sini.

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018