Jakarta (ANTARA News) - Wakil Sekjen Partai Demokrat Putu Supadma Rudana mengatakan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto sempat meminta Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjadi mentornya dalam menghadapi kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

"Prabowo sendiri memohon dan meminta SBY untuk menjadi mentornya," kata Putu di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan permintaan itu dikatakan Prabowo saat bertemu SBY di kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta pada Senin (30/7).

Putu mengatakan Prabowo sering menyampaikan bahwa SBY merupakan figur panutannya dan berterimakasih SBY mau berbagi pengalaman dalam upaya memenangkan Pilpres.

"Saya lihat Prabowo sangat santun dalam berkomunikasi SBY, begitupun sebaliknya sehingga `mutual respect` terjaga dengan baik," ujarnya.

Anggota Komisi X DPR RI itu menegaskan bahwa SBY sudah menyatakan kesiapannya dan komitmennya memberikan kontribusi terbaiknya bagi perubahan di Indonesia dengan menjadi mentor Prabowo.

Dia mengatakan, pada Pemilu 2014 Demokrat tidak bersikap namun di Pemilu 2019 partainya akan ambil bagian dengan berkoalisi bersama Partai Gerindra, PKS, dan PAN.

"Sikap kami di 2014 tidak berkoalisi dengan siapapun namun saat ini kita sudah bersiap seperti janji beliau mengatakan kami akan berkoalisi pada saatnya pasti akan mengusung capres-cawapres," katanya.

Dia mengatakan SBY sebagai Ketum Demokrat diajak berperan strategis untuk pemenangan di Pilpres 2019 karena pengalamannya sangat menentukan dalam konteks pertarungan tersebut.

Baca juga: PKS-Demokrat sepakat perkuat koalisi

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018