Medan (ANTARA News)- Dua siswa Sekolah Luar Biasa? terpilih dari 33 pelajar se-Sumatera Utara untuk mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara yang diberangkatkan menuju Manokwari, Papu Barat selama dua pekan.

"Benar ada dua siswa dari SLB yang ikut Program Siswa Mengenal Nusantara ke Manokwari," kata guru pendamping Program SMN asal Sumut, Desli Singarimbun di Medan, Rabu.

Kedua siswa tersebut yakni Sahni Heltiana Manik kelas 10 dari SLB Negeri Salak,Papkpak Bharat dan Ninda Gardenia kelas 12 SLB Negeri Pembina Medan.

Mereka berdua lolos seleksi yang telah digelar beberapa hari sebelumnya dan terpilih bersama 31 siswa normal mengikuti program yang merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Selama di Manokwari nanti, mereka berdua bersama 31 siswa lainnya akan berkesempatan mengenal budaya masyarakat Papua dan mereka juga akan mengenalkan budaya Sumatera Utara di sana.

"Ini tentunya kesempatan langka dan sangat bagus bagi pelajar kita asal Sumut mengenal budaya masyarakat Papua. Demikian juga halnya bagi siswa kita dari SLB yang akan menampilkan kebisaan mereka nantinya di Papua," katanya.

Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang tujuannnya ?untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.

Keberagaman kekayaan nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

Untuk Sumatera Utara tahun ini terpilih 33 siswa dari berbagai kabupaten/kota di daerah itu yang nantinnya akan melakukan kunjungan ke Manokwari, selain untuk mengenalkan budaya daerahnya, juga untuk mengenal budaya masyarakat di Papua.

Tahun ini, PT Hutama Karya ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk menjadi koordinator kegiatan SMN di? Sumatera Utara bersama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia , PT Pos Indonesia , PT Nindya Karya, PT Kawasan Industri Medandan PT Djakarta Lloyd .

Pewarta: Juraidi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018