Jakarta (ANTARA News) - Kemarin petugas penyelamat mengevakuasi para pendaki yang terjebak di Gunung Rinjani saat gempa melanda Lombok, partai-partai politik bersiap menghadapi pemilihan presiden dan wakil presiden 2019, dan obor Asian Games 2018 bergerak menuju Aceh.

Selain itu ada warta mengenai putri Presiden Joko Widodo yang sedang menantikan kelahiran anak pertama dan uji coba lintasan penyeberangan dengan tombol otomatis di Jakarta dalam ringkasan berita berikut:

1. Sembilan parpol siapkan ratusan ribu caleg dukung Jokowi
Golkar, PDIP, PKPI, PPP, PKB, NasDem, Hanura, Perindo dan PSI menyiapkan ratusan ribu calon anggota legislatif untuk mendukung upaya pemenangan Presiden Joko Widodo dalam pemilihan presiden 2019.

2. Obor Asian Games 2018 bergerak ke Aceh
Dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, obor Asian Games dibawa ke Aceh. Bupati Aceh Besar Mawardi Ali membawa obor itu saat penyambutan di Bandara Sultan Iskandar Muda. Obor Asian Games 2018 akan diarak keliling kota Banda Aceh sebelum dibawa menuju ke Medan, Sumatera Utara dan kota lainnya di pulau Sumatera.

3. Presiden ke RS jelang kelahiran anak Kahiyang
Presiden Joko Widodo pada Selasa malam mendatangi Rumah Sakit YPK Menteng, Jakarta Pusat, untuk menjenguk putrinya Kahiyang Ayu yang sedang menantikan kelahiran anak pertama. Sekjen Hanura Herry Lontung Siregar, paman suami Kahiyang, Bobby Nasution, mengatakan Kahiyang diperkirakan melahirkan pada Rabu (1/8).

4. Uji coba Pelican Crossing sampai Mei 2019
Uji coba dan evaluasi penggunaan lintasan penyebrangan dengan tombol otomatis untuk pengguna jalan (Pelican Crossing) akan dilakukan hingga Mei 2019 menurut Wakil Gubernur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Sandiaga Uno.

5. 1.091 pendaki Gunung Rinjani sudah dievakuasi
Sebanyak 1.091 pendaki Gunung Rinjani yang terjebak saat gempa bumi 6,4 SR yang mengguncang Lombok pada Minggu (29/7) pagi sudah dievakuasi. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pendaki yang dievakuasi meliputi 368 warga Indonesia dan 723 warga asing.
 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018