Simalungun, Sumut (ANTARA News) - Sebuah pesta rakyat yang digelar di Pantai Bebas Danau Toba, Parapat, Simalungun, menutup fase pertama rangkaian kirab obor di Sumatera Utara-Danau Toba pada Rabu.

Deputi bidang Ekonomi Badan Intelijen Negara, Irjen Pol Alberto Simanjuntak, menjadi pelari terakhir di fase pertama kirab obor Sumut-Toba yang menyerahkan obor api abadi Asian Games 2018 kepada Bupati Simalungun, JR Saragih, di gerbang Pantai Bebas.

Lantas Bupati Simalungun, didampingi Wakil Bupati Amran Sinaga dan Sekretaris Daerah Gideon Purba, menyulut api ke mini cauldron di atas panggung hiburan rakyat di Pantai Bebas.

"Ini kejadian yang sangat langka, mengingat Indonesia terakhir kali menyelenggarakan Asian Games pada 1962. Ini jadi kebahagiaan bagi masyarakat," kata Sekda Simalungun, Gideon Purba, dalam sambutannya.

"Selamat datang bagi masyarakat Simalungun, maupun dari luar Kabupaten Simalungun. Sesuai arahan Bupati kami jadikan acara ini sebagai pesta rakyat," ujar Gideon menambahkan.

Api abadi Asian Games, yang sempat bermalam di Rumah Pengasingan Bung Karno, pada pagi harinya dibawa oleh pembawa obor pertama yakni mantan atlet pencak silat nasional yang kini juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Provinsi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumut, Dahliana.

Baca juga: Api Asian Games bermalam di Rumah Pengasingan Bung Karno

Baca juga: Kirab obor Asian Games akan lalui 20 titik di Bukittinggi


Estafet obor kemudian dilanjutkan kepada Direktur Ticketing Panitia Penyelenggara Asian Games Indonesia 2018 (INASGOC), Sarman Simanjorang, perwakilan sponsor Astra International Tbk Sutiadi dan Hery juga dari INASGOC.

Lantas pesohor ibu kota, Olivia Zalianty, menjadi pembawa obor berikutnya di atas perahu yang menyeberangi Danau Toba dari Dermaga Atsari menuju Dermaga Sibaganding.

Olivia melanjutkan estafet obor kepada petarung bela diri campuran (MMA) JK Saragih serta legenda tinju nasional asal Sumut Hendrik Simangunsong.

Selanjutnya atlet-atlet lokal turut ambil bagian dalam peristiwa bersejarah itu, termasuk Pesta Simanjuntak, Janpitet, Don Juando, Sutiono, Melica serta David Sijabat.

Kemudian mendekati garis finis fase pertama, jajaran petinggi kepolisian yakni Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan menjadi pembawa obor sebelum menyerahkan kepada Deputi Ekonomi BIN, Alberto Simanjuntak.

Setelah merampungkan fase pertama kirab obor Asian Games di Sumut-Toba akan dilanjutkan di fase kedua di Kabupaten Toba Samosir dan Kabupaten Tapanuli Utara.

Baca juga: Kapolda Jambi siap bawa obor Asian Games 2018

Baca juga: Sejumlah jalan Bukittinggi ditutup selama kirab obor

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018