Jakarta (ANTARA News) - Instagram baru saja memperkenalkan Activity Dashboard, perangkat yang mereka rancang untuk mengatur waktu bermedia sosial di platform tersebut.

"Perangkat ini kami kembangkan lewat kolaborasi dengan pakar dan organisasi kesehatan mental dan para akademisi, didukung dengan riset mendalam dan saran langsung dari para pengguna Instagram. Kami ingin waktu yang Anda habiskan di Instagram menjadi waktu yang positif dan menginspirasi," kata Direktur Manajemen Produk Instagram, Ameet Ranadive, dalam keterangan pers yang diterima ANTARA, Rabu.

Untuk mengakses Activity Dashboard, buka aplikasi Instagram dan pilih "Your Activity" serta klik bagian untuk melihat waktu yang dihabiskan di platform berbagi konten foto dan video ini. 

Baca juga: Pengguna Instagram kini bisa lihat teman yang sedang online

Pengguna bisa melihat rata-rata waktu yang dihabiskan di Instagram serta mengatur batasan waktu yang diinginkan untuk mengakses Instagram, misalnya 25 menit. Setelah 25 menit, pengguna akan menerima notifikasi.

Pengguna pun dapat membisukan "push notification" agar tidak mendapatkan pemberitahuan jika ada aktivitas di akun Instagram. 

Baca juga: Indonesia terbanyak kedua pakai filter goal Instagram

Dashboard activity diluncurkan secara global mulai hari ini. Perangkat ini merupakan cara Instagram merespons isu kesehatan mental yang dipicu oleh dunia maya.

Sebelum Instagram dan Facebook, Google meluncurkan perangkat serupa berupa pembatasan penggunaan YouTube.

Baca juga: Facebook tutup akun palsu jelang Pemilu Amerika Serikat
 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018