Jakarta (ANTARA News) - Berikut lima berita pilihan pada Rabu (1/8): 

Presiden Jokowi naikkan tunjangan bagi veteran

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menaikkan dana kehormatan dan tunjangan bagi para veteran yang tertuang dalam dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 31 tentang Veteran Republik Indonesia yang telah ditandatanganinya pada 18 Juli 2018 lalu.

Melalui PP ini, Presiden Jokowi mengubah Pasal 17 mengenai Dana Kehormatan kepada veteran pejuang kemerdekaan Republik Indonesia, Veteran pembela kemerdekaan Republik Indonesia, dan janda, duda, atau yatim piatu dari veteran anumerta pejuang kemerdekaan Republik Indonesia dan pembela kemerdekaan Republik Indonesia, dari Rp750 ribu (PP No.67/2014) menjadi Rp938 ribu.

Sedangkan tunjangan Veteran bagi veteran pejuang untuk golongan A senilai Rp2 juta dari sebelumnya Rp1,6 juta; golongan B sebesar Rp1,938 juta (sebelumnya Rp1,55 juta); golongan C Rp1,875 juta (sebelumnya Rp1,5 juta); golongan D sebesar Rp1,813 juta (sebelumnya Rp1,45 juta); dan golongan E sebesar Rp1,75 juta (sebelumnya Rp1,4 juta).

Tunjangan veteran pembela kemerdekaan Republik Indonesia, naik dari  Rp1,4 juta menjadi Rp1,75 juta.

Sementara tunjangan Veteran bagi janda, duda, atau yatim piatu dari veteran pejuang kemerdekaan Republik Indonesia juga naik, yaitu: Golongan A sebesar Rp1,813 juta (sebelumnya Rp1,45 juta); golongan B sebesar Rp1,75 juta (sebelumnya Rp1,400 juta); golongan C sebesar Rp1,625 juta (sebelumnya Rp1,3 juta); Golongan D sebesar Rp1,563 juta (sebelumnya Rp1,25 juta); dan golongan E sebesar Rp1,5 juta (sebelumnya Rp1,2 juta).

Presiden Jokowi juga menaikkan Tunjangan Veteran bagi janda, duda, atau yatim piatu dari Veteran Pembela Kemerdekaan Republik Indonesia dari sebelumnya Rp1,2 juta menjadi Rp1,5 juta, sedangkan tunjangan Veteran bagi janda, duda, atau yatim piatu dari Veteran Anumerta Pembela Kemerdekaan Republik Indonesia dari Rp1,45 juta menjadi Rp1,813 juta.

Kebijakan perluasan kawasan ganjil-genap hari pertama 

Jakarta (ANTARA News) - Hari pertama penerapan perluasan kawasan aturan nomor registrasi mobil ganjil-genap, terdapat 322 orang melanggar aturan itu di Jakarta Pusat. 

Sementara itu, raturan pengendara mobil juga ditindak polisi Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Jakarta Selatan di sepanjang Jalan RA Kartini.  Di simpang jalan HR Rasuna Said, Kuningan, setidaknya ada 50 mobil pribadi yang terkena tilang. 


Kevin/Marcus melaju putaran ketiga Kejuaraan Dunia

Jakarta (ANTARA News) -  Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon melaju ke putaran ketiga Kejuaraan Dunia 2018 setelah mengalahkan pasangan tuan rumah Han Chengkai/Zhou Haodong pada laga kedua.

Kevin/Marcus, seperti disiarkan situs Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Rabu, menang dalam tiga gim 18-21, 21-14, 21-18 selama 52 menit.

Obor Asian Games disambut tarian Tor Tor

Medan (ANTARA News) - Rombongan pembawa api obor Asian Games 2018 tiba Selasa (31/7) dan mulai prosesi kirab obor pada Rabu di Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, disambut secara meriah dengan tarian tradisional Tor Tor.

Selanjutnya api obor pertanda semangat Asian Games itu dibawa dengan cara berlari ke Pantai Bulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir. Obor itu lantas menuju Bandara Silangit untuk diterbangkan ke Pekanbaru.

PKS pertimbangkan opsi abstain di Pemilu 2019


Jakarta (ANTARA News) - PKS mempertimbangkan opsi abstain dalam Pemilu Presiden 2019, apabila koalisi partai politik pengusung Prabowo Subianto tidak memilih kader PKS sebagai calon wakil presiden.

"Itu salah satu opsi yang mungkin diambil kalau memang situasinya tidak memungkinkan," kata Direktur Pencapresan DPP PKS, Suhud Aliyuddin, di Jakarta, Rabu.

Dia memastikan keputusan PKS abstain atau tidak, tergantung dari pembahasan DPP PKS dan Majelis Syuro PKS.

Menurut dia, PKS masih menunggu keputusan Prabowo menentukan calon wakil presidennya karena bisa saja nama yang diambil di luar sembilan nama yang diajukan PKS.

 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018