Mahasiswa harus terus mengembangkan semangat berkemajuan
Malang (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengajak para pemuda dan mahasiswa sebagai generasi penerus untuk terus menimba ilmu dan mengembangkan kreativitas positif untuk turut berkontribusi pada pembangunan Indonesia.

"Mahasiswa harus terus mengembangkan semangat berkemajuan. Mahasiswa sebagai generasi penerus harus terus mengembangkan intelektualnya dan mempersiapkan diri menjadi pemimpin pada masa mendatang," kata Zulkifli Hasan saat menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI pada Muktamar XVIII Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Universitas Muhammadiyah Malang, Kamis.

Forum Muktamar XVIII Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI tersebut dihadiri Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Fauzan, anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan 6 Jawa Timur (Kota Malang dan Kota Batu), serta sekitar 500 mahasiswa Muhamaddiyah dari berbagai kampus Muhammadiyah. ?

Menurut Zulkifli Hasan, suatu negara dapat menjadi maju karena sumber daya manusianya yang maju, bukan karena kekayaan sumber daya alamnya.

"Kalau sumber daya alamnya kaya, suatu saat akan habis," katanya.

Zulkifli mencontohkan Singapura. Negara yang wilayah geografisnya kecil dan tidak memiliki sumber daya alam tetapi menjadi negara paling makmur di Asia Tenggara.

"Karena Singapura memiliki sumber daya manusia berkualitas," katanya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini melihat para pemuda dan mahasiswa memiliki semangat berkemajuan yang tinggi. Oleh karena itu, dia mengajak kaum muda untuk terus menimba ilmu, mengembangkan intelektual, dan mempersiapkan diri menjadi calon pemimpin pada masa mendatang.

"Mahasiswa Muhammadiyah adalah sebagian dari kaum muda yang mendapatkan kesempatan menimba ilmu di perguruan tinggi. Kampus Muhammadiyah adalah kampus favorit sehingga harus disyukuri dengan cara bekerja keras dan menempa diri untuk menjadi kaum intelektual," katanya.

Menurut Zulkifli, setiap waktu ada para pemuda dan setiap pemuda ada waktunya. Pada kesempatan tersebut, Zulkifli juga mengingatkan pencerahan yang dilakukan tokoh muda, K.H. Admad Dahlan, saat membangun cikal bakal berdirinya Muhammadiyah.

"Kiai Haji Ahmad Dahlan membangun teologi Islam berkemajuan, yang menginspirasi perkembangan Muhammadiyah. Setelah lebih dari 100 tahun, Muhammadiyah terus mengalami kemajuan," katanya.

Para pemuda, khususnya mahasiswa Muhammadiyah, kata dia, harus terus memperjuangkan semangat berkemajuan dalam membangun negara dan membela kaum yang lemah.

"Inilah sejatinya gerakan mahasiswa. IMM tidak boleh jadi menara gading, tetapi harus harus terus memiliki semangat berkemauan dan dekat dengan rakyat," katanya.

Baca juga: Zulkifli Hasan tegaskan pendidikan kunci kemajuan



 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: M. Arifin Siga
Copyright © ANTARA 2018