Jakarta (ANTARA News) - HMD Global, pemegang merek ponsel Nokia, kembali membawa permainan klasik "Snake" namun kini dalam rupa Augmented Reality (AR).

Filter Snake Mask dan Snake Real World menghidupkan kembali game ini untuk para fans Nokia lama maupun baru.

"Permainan Snake yang sudah terkenal di seluruh dunia kini hidup kembali melalui ajang MWC di tahun 2017, ketika kami mengumumkan diluncurkannya Snake untuk Facebook Messenger," ujar Pekka Rantala, Chief Marketing Officer dan Executive Vice President HMD Global, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Permainan "Snake" tetap sama, namun dengan twist AR baru -- Snake Mask menggunakan teknologi Facebook AR baru -- fans bisa berubah menjadi ular tersebut dan tidak hanya sekedar mengendalikannya.

Dengan "Snake" di Facebook camera dan terintegrasi dengan Facebook Live, pengguna bisa dengan mudah untuk melakukan broadcast permainan secara live ke Facebook news feed.

"Permainan ini dirancang untuk generasi sosial yang muda dan baru, fans bisa mengundang temannya untuk bermain dan berbagi nilai tertinggi, membuat permainan ini semakin seru ketika dimainkan," kata Rantala.

Snake Mask baru menggunakan kamera depan dari smartphone Nokia yang menjalankan Android untuk mengubah pemain menjadi karakter Snake, bereaksi terhadap pergerakan wajah pemain. Sedangkan Snake Real World aktif di kamera belakang.

"Ini adalah kali pertama dalam sejarah Snake di mana permainan ini bisa dimainkan oleh siapa saja, dan hingga kini Snake sudah dimainkan lebih dari 121 juta pemain di seluruh dunia," ujar Rantala.

"Sekarang pengalaman bermain menjadi lebih imersif karena para fans bisa menjadi ular itu sendiri dan memakan buah apel dengan menggunakan Facebook camera -- dengan demikian HMD Global berhasil membawa ikon game interaktif klasik ke zaman AR yang modern," tambah dia.

Efek kamera ini bisa didapatkan melalui Facebook camera dan sudah tersedia untuk semua, tidak hanya untuk smartphone Nokia. Permainan ini tersedia baik untuk Android maupun iOS.

Baca juga: Snake di Nokia 3310 baru lebih berwarna

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018