San Francisco (ANTARA News) - Apple Inc. menjadi perusahaan publik AS pertama bernilai satu triliun dolar AS pada Kamis (2/8), puncak kenaikan panjang selama satu dekade dipicu oleh kehadiran iPhone yang mengubahnya dari pemain ceruk komputer pribadi menjadi kekuatan besar global yang mencakup hiburan dan komunikasi.

Reuters melaporkan, saham perusahaan teknologi tersebut melonjak 2,9 persen mengakhiri perdagangan pada Kamis (2/8) di 207,39 dolar AS per saham, memberikan kapitalisasi pasar senilai 1,002 triliun dolar AS. Selama sesi tersebut, nilai pasar saham Apple mencapai hingga tertinggi 1,006 triliun dolar AS.

Apple telah reli sekitar sembilan persen sejak Selasa (31/7), ketika melaporkan hasil kuartal Juni di atas ekspektasi dan mengatakan akan membeli balik (buy back) 20 miliar dolar AS sahamnya sendiri. Ini adalah perjalanan dua hari terbaik Apple sejak April 2014.

Dimulai di sebuah garasi salah satu pendiri, Steve Jobs, pada 1976, Apple telah mendorong pendapatannya melampaui output ekonomi Portugal, Selandia Baru dan negara-negara lain.

Nilai pasar saham Apple lebih besar dari kapitalisasi gabungan Exxon Mobil, Procter & Gamble dan AT&T. Apple sekarang menyumbang 4,0 persen dari S&P 500.

Saham pendukung Silicon Valley ini telah melonjak lebih dari 50.000 persen sejak penawaran umum perdananya pada 1980, mendominasi kenaikan S&P 500 sekitar 2.000 persen selama hampir empat dekade.

 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2018