Info haji

Delapan kloter JCH Riau tiba di Arab Saudi

Delapan kloter JCH Riau tiba di Arab Saudi

Ilustrasi - Bus pengangkut jamaah haji di salah satu terminal di Kota Mekkah, Arab Saudi. (Anom Prihantoro)

Delapan Kloter JCH Riau sudah memasuki Kota Makkah untuk menjalankan rangkaian ibadah haji mulai Sabtu (4/8) dini hari waktu setempat atau Minggu (5/8) pagi waktu Indonesia,
Pekanbaru (ANTARA News) - Sebanyak delapan kloter Jamaah Calon Haji (JCH) Provinsi Riau sudah berada di Arab Saudi yang tergabung dalam gelombang pertama pemberangkatan JCH dari embarkasi Batam.

"Kini hanya tinggal tiga Kloter lagi yang akan diberangkatkan dari Riau pada gelombang kedua," kata Kepala Kanwil Kemenag Riau di Pekanbaru, Jumat.

Menurut dia, kendala-kendala yang dihadapi jamaah calon haji Riau, di antaranya adalah jamaah calon haji yang mengalami sakit, akan dirujuk terlebih dahulu ke Rumah Sakit Batam dan akan diberangkatkan pada Kloter berikutnya atau pemberangkatan tunda.

Sementara itu, kondisi jamaah calon haji Riau di Tanah Suci, katanya, cukup bagus, sebagian telah selesai melaksanakan Ibadah Arbain dan telah berada di Kota Makkah.

"Delapan Kloter JCH Riau sudah memasuki Kota Makkah untuk menjalankan rangkaian ibadah haji mulai Sabtu (4/8) dini hari waktu setempat atau Minggu (5/8) pagi waktu Indonesia," katanya.

Para jamaah memasuki Kota Makkah di saat Arab Saudi mengalami musim panas dengan suhu rata-rata di Kota Makkah di atas 44 derajat Celsius pada siang hari.

Kakanwil Kemenag Riau mengimbau JCH Riau saat menjalankan ibadah jangan lupa memakai alat pelindung panas dan pelindung kaki karena cuaca ekstrem. Selain itu, jamaah harus cukup beristirahat serta jangan menahan diri jika ingin buang air kecil.

"Jamaah jangan sering melakukan umrah di siang hari, lebih untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit hingga puncak ibadah haji," katanya. 

Baca juga: Jamaah calon haji Pekanbaru kedapatan membawa benda tajam
Baca juga: Laporan dari Mekkah - PPIH Saudi tegur penyedia bus




 

Pewarta: Frislidia
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Tarikh Makah, cara Arab Saudi tingkatkan layanan Haji dan Umroh

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar