Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Idrus Marham berjanji dalam waktu dekat akan meninjau krisis pangan yang terjadi pada warga Suku Mausu Ane Negeri Maneo Rendah di Kabupaten Maluku Tengah.

"Dalam waktu singkat kita jadwalkan berkunjung ke sana untuk memberi santunan kepada ahli waris korban meninggal sekaligus melihat langsung kondisi mereka," kata Mensos di Jakarta, Jumat.

Krisis pangan akibat kebun warga Mausu Ane yang gagal karena dirusak hama babi dan tikus menyebabkan krisis pangan bahkan menimbulkan korban jiwa, terdata empat orang meninggal dunia.

Mensos mengatakan, sebagai langkah awal penanganan tanggap darurat krisis pangan di pedalaman tersebut, tim Kementerian Sosial sudah diturunkan dan membawa bantuan tahap awal.

Bantuan tersebut berupa satu ton beras, 190 lembar matras, 270 lembar selimut, 35 paket mainan untuk anak-anak, 60 paket untuk lansia, 45 paket perlengkapan bayi, 90 paket lauk pauk, peralatan dan perlengkapan memasak (panci, wajan, piring, gelas), 45 unit tenda gulung.

Selain itu Kemensos juga menerjunkan tim untuk mengidentifikasi warga yang sakit, mendata keluarga korban meninggal, menyusun kronologi kejadian, menyalurkan bantuan logistik, serta mengidentifikasi kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang mereka.

Untuk sampai ke lokasi Warga Suku Mausu Ane menetap tidak mudah, tim Kemensos berjumlah tujuh orang terdiri dari beberapa unit kerja yakni Komunitas Adat Terpencil (KAT), Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial, dan Pusat Penyuluhan Sosial harus melalui medan yang berat.

Tim bergerak dari Posko Terpadu Penanganan Wabah Kelaparan di Desa Morokai menuju titik kumpul sementara warga Maneo.

Jalan menuju lokasi ditempuh menggunakan kendaraan kabin ganda melewati medan yang terjal, jalanan tanah dan sungai setinggi sekitar setengah meter.

Desa Morokai merupakan desa terdekat dengan lokasi pemukiman warga Negeri Maneo Rendah. Posko Terpadu yang didirikan di desa itu merupakan pusat koordinasi lintas sektor sekaligus titik menurunkan berbagai bantuan untuk disalurkan ke warga Maneo.

Dari Desa Morokai menuju ke titik kumpul memerlukan waktu tempuh tiga jam perjalanan menggunakan kendaraan roda empat.

Dari titik kumpul menuju ke Pemukiman warga Negeri Maneo Rendah memerlukan waktu tempuh dua hari satu malam yang ditempuh dengan berjalan kaki.

Baca juga: Bantuan pangan mulai tiba di permukiman suku Mause Ane
Baca juga: AU siapkan pesawat ke permukiman Mause Ane

 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2018