Jakarta (ANTARA News) - BMW Indonesia menghadirkan mobil sport masa depan BMW i8 Roadster untuk pertama kalinya di Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Mobil berteknologi plug-in hybrid itu dipamerkan di BMW Group Pavilion di ICE BSD Tangerang yang dibuka mulai Kamis (2/8) hingga 12 Agustus 2018.

"First-ever BMW i8 Roadster representasikan beberapa elemen inti dari brand BMW, seperti desain ikonik, teknologi visioner, sustainability dan pastinya Sheer Driving Pleasure," kata President Director BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan, saat acara peluncuran, Kamis (2/8).

Model pertama BMW i yang diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2016 adalah BMW i8. Dengan kabin penumpang yang terbuat dari Carbon-Fibre-Reinforced Plastic (CFRP) dan rangka aluminium untuk mesin dan motor listrik, baterai, dan suspensi menghasilkan sports car yang ringan, elegan, dan efisien.

Sejak diluncurkan, BMW i8 telah menjadi sports car plug-in hybrid dengan penjualan terbanyak di dunia.

Desain ikonik

BMW i8 Roadster gabungkan semua kelebihan dari BMW i8 dengan sensasi kenikmatan berkendara dengan atap terbuka

Atap soft-top dari BMW i8 Roadster membuat tampilan kendaraan lebih seimbang, menyatu dengan garis desain khas sports car.
 
Saat atap dibuka, soft-top BMW i8 Roadster melipat seluruhnya ke ujung belakang kendaraan. Mekanisme unik memungkinkan soft-top terlipat dengan tegak lurus, sehingga menghemat penggunaan ruang dan ciptakan sekitar 100 liter ruang penyimpanan tambahan di belakang kursi.

Atap terbuka dan tertutup secara elektris dengan hanya dalam waktu 15 detik, pada kecepatan kendaraan maksimal 50 km/jam. Saat atap terbuka, jendela belakang naik sekitar 30 mm untuk menghalau angin dan menambah kenyamanan pengguna.

Kendaraan atap terbuka dengan dua-kursi ini dilengkapi pintu frameless gullwing dengan desain terbaru. Pintu terbuat dari CFRP dengan bagian luar terbuat dari aluminium, sementara bingkai kaca depan seluruhnya terbuat dari CFRP.

Penggunaan bahan yang sangat kuat dan teknologi inovatif, memaksimalkan perlindungan bagi penumpang bahkan pada saat kendaraan terguling. CFRP juga digunakan untuk memproduksi side skirts. Bobot bersih kendaraan BMW i8 Roadster hanya 1.595 kg, angka yang sangat rendah untuk kendaraan di segmennya.

First-ever BMW i8 Roadster hadir dengan trim interior Accaro sebagai standar dan jok kulit dengan pilihan warna Ivory White atau Black. Tampilan sporty semakin bertambah dengan roda kemudi sports dengan balutan kulit, lengkap dengan tombol-tombol multifungsi dan shift paddles.

Fitur lainnya adalah tampilan instrumen multifungsi, Driving Assistant termasuk Surround View, BMW Display Key dan Navigation System Professional. BMW i8 Roadster juga dilengkapi dengan BMW Head-Up Display yang beralih ke tampilan sport yang menambahkan display RPM, Indikator Gear serta Optimum Shift Indicator saat mode SPORT diaktifkan.
 
BMW Indonesia menghadirkan mobil sport masa depan BMW i8 Roadster untuk pertama kalinya di Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. (ANTARA News/Monalisa)



Teknologi BMW eDrive

BMW i8 Roadster hadir dengan teknologi BMW eDrive terbaru yang berikan pengalaman berkesan dalam penggunaan kendaraan listrik. Baterai lithium-ion terbaru terletak di bagian tengah kendaraan sehingga menambah kedinamisan kendaraan.

Kapasitas sel baterai naik dari 20 menjadi 34 Ah dan kapasitas gross energi naik dari 7.1 menjadi 11.6 kWh (net: 9.4 kWh). Artinya motor listrik miliki lebih banyak energi untuk digunakan. Konfigurasi sel baterai tingkatkan 9 kW/12 hp pada output puncak menjadi 105 kW/143 hp, sehingga memungkinkan akselerasi yang dinamis saat menggunakan tenaga listrik murni.

First-ever BMW i8 Roadster dapat digerakkan dengan listrik murni - dari posisi diam hingga kecepatan 105 km/jam, naik dari 70 km/jam dari BMW i8. Mesin pembakaran hanya akan digunakan pada kecepatan tinggi. Dengan menekan tombol eDrive memungkinkan kendaraan berakselerasi hingga 120 km/jam dengan listrik murni, dan jarak tempuh hingga 53 km.

Mesin kendaraan rendah emisi

Mesin BMW i8 Roadster juga alami peningkatan. Mesin bensin 3-silinder BMW TwinPower Turbo mampu hasilkan output maksimum 231 hp dengan kapasitas mesin 1.5 liter dan torsi puncak 320 Nm. Suara mesin BMW i8 Roadster juga terdengar lebih sporty, lengkap dengan filter exhaust yang dipasang untuk mengurangi emisi gas buang.

Kombinasi BMW TwinPower Turbo dan teknologi BMW eDrive, ditambah manajemen energi yang cerdas, mampu hasilkan output maksimal 374 hp. Akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 4,6 detik. Kecepatan maksimum dibatasi secara elektronik pada 250 km/jam.

Konsumsi bahan bakar gabungan, sebagaimana yang dihitung dalam siklus pengujian Uni Eropa untuk kendaraan plug-in hybrid, adalah 47.6 km/l, ditambah 14.5 kWh energi listrik per 100 km. Sedangkan, emisi CO2 bensin adalah 46 gram/km.

Tenaga motor listrik dari BMW i8 Roadster ditransmisikan ke roda depan, sementara penggerak mesin ditransmisikan ke roda belakang, sehingga hasilkan sistem all-wheel-drive khas kendaraan plug-in hybrid, yang dikendalikan oleh manajemen energi cerdas.

Ketika sistem navigasi diaktifkan, manajemen energi cerdas tersebut secara otomatis pastikan penggunaan motor listrik dioptimalkan dari segi efisiensi. Sistem menganalisa rute secara lengkap dan mengatur penggunaan motor listrik, terutama saat kendaraan berjalan dalam kecepatan rendah.

Harga

First-Ever BMW i8 Roadster ditawarkan dengan harga Rp. 3.969.000.000,- off-the-road dan akan tersedia di semua Diler Resmi BMW i mulai bulan Agustus 2018.

Termasuk dalam paket pembelian yaitu BMW i Wallbox Plus dengan pemasangannya, dan 2 kabel pengisian, Program BMW i Pure Impulse Experience, garansi 3 tahun tanpa batasan jarak tempuh, dan garansi baterai selama 8 tahun atau 100,000 km, mana yang lebih dulu. BMW i Wallbox Plus tersedia untuk pengisian daya di rumah sebagai bagian dari konsep BMW 360° ELECTRIC. Stasiun pengisian listrik ini tawarkan pelanggan cara yang efisien dan nyaman untuk mengisi ulang baterai saat kendaraan diparkir.

Selain itu kendaraan juga dilengkapi dengan BMW Service Inclusive, sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan BMW selama 5 tahun atau 60,000 km, tergantung mana yang lebih dulu.

Baca juga: Pertamina dan BMW siapkan teknologi pengisian daya mobil listrik

Baca juga: Dua model anyar BMW tersedia terbatas di Indonesia

Baca juga: Fossil akan luncurkan smartwatch bermerek BMW
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018