Garut, Jawa Barat (ANTARA News) - Bukan cuma manusia, bahkan domba garut pun akan meramaikan kirab obor Asian Games 2018, pada 12-13 Agustus 2018, di Kabupaten Garut, Jawa Barat, dalam rangka memeriahkan pesta olahraga yang diikuti 45 negara. 

Bentuk "partisipasi" para domba garut itu adalah karnaval yang diatur sedemikian rupa oleh panitia setempat. Berbeda dengan kebanyakan domba, domba garut berpostur sangat kekar dan sigap dengan tanduk besar yang melingkar sedemikian rupa sehingga menguatkan impresinya itu. 

"Jadi nanti ada domba garut yang akan dilibatkan dalam menyambut kemeriahan kirab obor Asian Games 2018, di Garut," kata Sekretaris DPC Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Garut, Deni Rinjani, kepada wartawan di Garut, Jumat.

Ia menuturkan, HPDKI Garut siap menyukseskan dan memeriahkan kirab obor Asian Games 2018 itu dengan menerjunkan domba garut sebagai hewan ternak ciri khas dari Kabupaten Garut.

Menurut dia, domba garut itu akan memberikan hiburan yang menarik dan menjadi perhatian banyak orang terutama para tamu undangan yang terlibat dalam kirab obor Asian Games 2018 itu.

"Jadi nanti akan karnaval, rencananya domba akan membawa bendera masing-masing negara, secara teknisnya masih dirapatkan," katanya.

Ia menyampaikan, kirab obor Asian Games 2018 di Garut menjadi kebanggaan bagi HPDKI umumnya masyarakat Garut karena menjadi salah satu kabupaten yang akan disinggahi oleh rombongan kirab.

Rencananya, kata dia, upaya mensukseskan kegiatan tersebut akan menampilkan pertunjukan atraksi seni dan budaya salah satunya karnaval domba garut yang akan membawa 45 bendera negara peserta Asian Games.

"Domba Garut saat ini sudah menjadi domba Indonesia, berbagai prestasi sudah banyak di raih, jadi sudah saatnya domba garut `go international`," katanya.

Ia berharap, keterlibatan domba garut dalam rangkaian menyambut pesta olahraga Asian Games tersebut dapat mengenalkan lebih luas bahwa Garut memiliki hewan ternak domba yang unggul dan berkualitas.

Masyarakat Indonesia, khususnya Garut, kata dia, harus bangga dengan memiliki domba berkualitas sekaligus warisan seni budaya leluhur yang sampai saat ini masih terus dilestarikan.

"Tidak usah malu dengan potensi daerah, suka dan tidak suka domba garut adalah warisan seni budaya yang harus dilestarikan," katanya.
 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018