Ambon (ANTARA News) - Tim Orquestra de Camara de Sierro (OCAS) dari Spanyol memberi kejutan bagi warga Ambon dengan tampil menghibur di pusat perbelanjaan Maluku City Mall (MCM).

Kehadiran kelompok musik yang akan menggelar konser kolaborasi dalam rangkaian kegiatan Vinculos for Indonesia 2018 itu disambut antusias oleh warga kota Ambon yang melakukan aktivitas di pusat perbelanjaan tersebut, Jumat.

Tim orkestra tersebut itu warga dengan memainkan instrumentalia lagu Ambon Ayo mama dan Huhate.

Penampilan OCAS tersebut merupakan rangkaian kegiatan konser di Ambon, setelah sebelumnya melakukan kegiatan di dua kampus IAIN dan IAKN Ambon, serta persiapan konser besar di Taman Budaya.

Tahun ini OCAS mempersembahkan sejumlah konser kolaborasi, edukasi, workshop, dan sejumlah kegiatan budaya dan sosial lainnya di kota Ambon, kabupaten Sigi dan Parigi Moutong, kota Pekanbaru dan Jakarta.

Kegiatan Vinculos untuk Indonesia 2018 dimulai di kota Ambon yang akan diproyeksikan sebagai International City of Music oleh UNESCO tahun 2019.

Dari Ambon, kunjungan OCAS dalam program Vinculos akan berlanjut di Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Sigi dan Kota Palu, di Sulawesi Tengah, serta Kota Pekanbaru di Riau dan Provinsi DKI Jakarta, berkolaborasi dengan musisi lokal di masing-masing daerah tersebut.

Vinculos dilaksanakan sebagai komitmen kuat Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memperkuat kerjasama kebudayaan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Kerajaan Spanyol.

Selain itu juga bagian dari upaya strategis diplomasi budaya yang efektif dan produktif, dengan sasaran meningkatkan partisipasi dan peran aktif Indonesia dalam percaturan budaya dunia.

Konser OCAS di Taman Budaya Ambon akan digelar Sabtu 4 Agustus. Sesuai jadwal tim akan berkolaborasi dengan kelompok musik tradisional Ambon, Tahuri dari Negeri Hutumuri dengan membawakan tiga lagu tradisional Ambon. Selain itu akan ada penampilan beberapa lagu dari Asturias, serta Amerika Latin.

Baca juga: Konser Vinculos peringati hubungan Indonesia-Spanyol

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018