Bandarlampung (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini kewaspadaan kondisi gelombang tinggi yang berpotensi mencapai empat meter di perairan barat Lampung dan perairan Samudera Hindia barat Lampung pada Sabtu hingga Minggu (5/8) pagi.

Menurut BMKG, seperti disampaikan dalam rilis prakirawan Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung, di Branti, Sabtu, angin secara umum bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan antara 3-15 knots (5-29 km/jam) dengan jarak pandang berkisar antara 5-10 km.

Suhu udara secara umum berkisar antara 22-33 derajat Celsius, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 18-30 derajat Celsius.

Baca juga: Waspadai gelombang tinggi tiga hari ke depan
Baca juga: Gelombang tinggi masih mengintai, nelayan diminta waspada


Kelembapan udara secara umum berkisar antara 48-91 persen, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 65-97 persen.

Secara umum wilayah Lampung diprakirakan pagi hari cerah berawan-berawan, berpotensi hujan di wilayah Kabupaten Lampung Timur, Lampung Tengah, dan Tulangbawang.

Siang hari umumnya cerah berawan, berpotensi hujan di Kabupaten Lampung Tengah, Kota Metro, Kabupaten Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Utara, dan Lampung Tengah.

Malam hari cerah berawan, berpotensi hujan di Kabupaten Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Barat, Lampung Tengah, Pringsewu, dan Lampung Timur.

Dini hari secara umum cerah berawan.

BMKG menyatakan pula, apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan akan diperbaharui dan diinformasikan melalui Whatsapp Group (0816404333) dan media sosial Facebook (Infocuaca BMKG Lampung) atau bisa diakses langsung via website http://www.stametlampung.com.



 

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2018